Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, BTB Promosi Ke Luar Daerah

 Ketua Balikpapan Tourism Board, H Soegianto
BALIKPAPAN – Turunnya kegiatan pelaku bisnis di bulan Ramadan diyakini angka kunjungan ke Kota Minyak semakin menurun. Menyikapi hal tersebut Balikpapan Tourism Board lakukan promosi keluar daerah 
“Meningkatkan kegiatan pelaku bisnis di bulan Ramadan membuat kami untuk menggencarkan promosi kota Balikpapan sebagai kota MICE,” ungkap Ketua BTB Balikpapan, Soegianto disela-sela aktivitasnya.
Ia menerangkan sejak awal tahun kunjungan ke Balikpapan tidak signifikan. Bahkan menurut data yang dilansir PT Angkasa Pura Airport cabang Sepinggan, dari total 2.659.555 penumpang domestik dan internasional 2.628.472 periode Januari-Mei, hanya 4 persen yang berasal dari kunjungan wisatawan.
Diakuinya kunjungan paling banyak memang dari kalangan pemerintahan dan legislatif yang ingin studi banding ke Balikpapan maupun Kaltim, banyaknya penghargaan yang diterima pemkot salah satu alasannya. 
Soegianto menyebutkan memasuki bulan kelima tahun 205 jumlah kunjungan mulai bergerak naik yang didominasi oleh Meeting, Incentive, Conference and Exhibition (MiCE). Beberapa program MICe menjadi acuan untuk promosi hingga akhir tahun ini baik itu skala nasional maupun internasional. “MICE menjadi utama promosi kami ke luar daerah hingga akhir tahun ini,” sebutnya Rabu (24/6/2015).
Meski tidak didominasi wisatawan, pihaknya tetap menggalakkan promosi untuk menarik animo pengunjung ke Kota Minyak. “Promosi ke daerah tidak untuk pariwisata saja tapi seluruhnya yang menjadi potensi daerah kami perkenalkan. Salah satunya prestasi Kota Balikpapan menyabet berbagai penghargaan sehingga bisa dijadikan pembelajaran kota lain,” papar Pria kelahiran Klaten.
Adapun serangkaian kegiatan promosi yang bakal diikuti yakni pasar wisata di Singapura akhir Juli nanti dan table top di Bali Agustus mendatang. Sebuah ajang yang mempertemukan pelaku parisiwata kedua daerah. Maret lalu, pihaknya juga menggelar even serupa di Kota Bandung.
Ia optimis, dengan upaya yang dilakukannya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Balikpapan. Meskipun bukan kunjungan ke objek wisata namun melakukan pertemuan besar dikota Balikpapan.
——————————————————-
RABU, 24 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...