TPID Sumbar, Siapkan Program Hadapi Inflasi di Bulan Ramadhan

Pasar Tradisional
CENDANANEWS (Padang) – Menekan laju inflasi di bulan Ramadan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Barat menyatakan kesiapannya dengan empat program.
“Empat program yang telah kami disiapkan menekankan pada pelaksanaan di lapangan serta memaksimalkan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan,” kata Wakil Ketua Tim Koordinasi/Ahli TPID Sumbar, Puji Atmoko, Selasa (2/6/2015).
Dia menambahkan, yang menjadi prioritas yaitu, tetap fokus menjaga ketersediaan pasokan sejumlah komoditas yang menjadi pemicu inflasi.
“Kita harus perhatikan kelompok bahan pangan bergejolak (volatile food), seperti beras, cabai dan daging. Dalam menjaga ketersediaan pasokan, kita akan lakukan kerjasama antar daerah dan provinsi yang menjadi pemasok komoditi tersebut,” ujar Puji.
Selain itu, untuk menahan laju inflasi, kita harus menjaga kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok.
“Berikan kemudahan izin distribusi memasuki Kota kepada pengangkut bahan pangan strategis selama 24 jam. Terutama Padang dan Bukittinggi. Kita juga harus menjaga kestabilan serta keterjangkauan harga melalui operasi pasar murah serta distribusi beras miskin di wilayah Sumbar,” lanjutnya.
Menurut Puji, memperkuat penyebaran informasi harga pangan kepada masyarakat, itu juga akan membantu. Memberikan harapan positif kepada masyarakat dan memperkuat penyebaran informasi harga pangan,
Dihubungi terpisah, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, Yomin Tofri mengatakan untuk menhan laju inflasi di Sumbar harus menjaga ketersediaan pangan dan bahan kebutuhan pokok.
“Pemerintah daerah harus menjaga suplai pangan dan kebutuhan pokok mulai dari tingkat produsen hingga proses penyaluran. Apalagi pada waktu-waktu tertentu seperti lebaran, kebutuhan semakin banyak,” katanya.
Selain itu, menurut Yomin aturan pengangkutan bahan pokok perlu diperlonggar. “Transportasi itu perlu diperhatikan agar suplay barang tetap terjaga. Jalur logistik itu harus dibenahi,” ungkap Yomin.
——————————————————-
Selasa, 2 Juni 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...