Tradisi Ziarah, Mengenang yang tidak Ikut Ramadhan Tahun Ini

Ziarah Kubur
PADANG – Bulan Ramadhan hanya menghitung hari, diberbagai daerah di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambutnya. Di Sumatera Barat (Sumbar), berbagai tradisi juga ada.
Dari banyaknya perbedaan tersebut, namun satu hal yang memiliki kesamaan di semua daerah Sumbar adalah tradisi ziarah kubur ke sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Padang, Provinsi Sumbar, sejak Senin (15/06/2016) hingga Selasa (16/6/2015) sore dan selama dua pekan kebelakang. Hampir seluruh TPU dan kuburan di padati para peziarah. Tak terkecuali TPU Tunggul Hitam.
Dari pantauan CND dilapangan, sejak siang hari. Para peziarah sudah memadati  TPU. Salah seorang peziarah, Fikar (30) mengaku ziarah kubur sebelum memasuki bulan Ramadhan sudah menjadi tradisi setiap tahun, apalagi di pekuburan tersebut cukup banyak keluarganya yang dikuburkan.
“Tradisi ini sudah kami lakukan setiap tahun. Dan keluarga kami melaksanakanya, sebab saat masih hidup, kita selalu minta maaf, tapi karena sudah meninggal maka kita mengunjungi ke makam ini, mereka adalah sanak keluarga kami yang tidak lagi sempat menikmati Ramadhan tahun ini” ujar Fikar.
Selain menjalin silaturrahmi dengan sanak keluarga yang ikut dalam ziarah kubur dan pembersihan kuburan secara bersama-sama dengan anggota keluarga. Ini juga memberi keuntungan bagi para penjual bunga rampai. Seperti diungkapkan Ulya (36), ia bersama istrinya sudah berjualan bunga rampai sejak awal Bulan Juni.
“Hanya sekarang waktunya kami bisa memetik keuntungan dan banyak berjual-beli. Ini juga untuk menambah penghasilan, karena cukup banyak juga warga yang ziarah kubur jelang Ramadhan,” ujar Ulya.
Selai berkirim doa bagi anggota keluarga yang sudah meninggal, peziarah juga membersihkan kuburan yang telah dipadati semak belukar. Tradisi ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu, dan biasanya hanya dilakukan jelang bulan Ramadhan dan oleh keluarga yang masih hidup.

——————————————————-
Selasa, 16 Juni 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad?
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad?
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...