Tukang Sol Sepatu, Masih Dibutuhkan di Era Modern

SURABAYA – Dalam era modern sekarang ini, masih dapat ditemui masyarakat yang bekerja demi sesuap nasi. Pekerjaan yang dipandang sebelah mata bagi sebagian kalangan, tapi sangat dibutuhkan jasanya oleh sebagian lainnya.
Tukang reparasi sepatu, atau sol sepatu, yang bagi kalangan ekonomi menengah kebawah sangat dibutuhkan, karena memperbaiki yang rusak lebih dinilai murah daripada membeli yang baru.
Saat ini masih banyak ditemukan tukang sepatu, salah satunya di Surabaya. Dengan keahliannya, Hadi Nur Cipto (41 tahun) mengungkapkan bisa memperbaiki semua jenis alas kaki.
“Pekerjaan ini tidak beresiko hanya membutuhkan modal jarum, lem dan benang saja selebihnya hanya kekuatan tangan,” ujarnya saat ditemui oleh wartawan CND, Minggu (28/6/2015).
Pendapatan yang didapat per harinya bersih 100 ribu rupiah. Ia bisa memperbaiki 5-10 pasang alas kaki. Untuk sandal biasanya dihargai 15 ribu rupiah per pasang, sedangkan sepatu 20 ribu rupiah per pasang.
“Saya kerja seperti ini sudah lama, mungkin sekitar 20 tahun”. Ungkapnya sembari sibuk menjahit sandal pelanggannya.
Bapak dua orang anak ini biasanya menjajakan jasanya di daerah Mulyorejo, Darma Husada, Ir. Soekarno, dan Keputih. Pekerjaan ini hanya membutuhkan jarum, benang nilon dan lem untuk selebihnya hanya kekuatan fisik saja yang dibutuhkan. 
Untuk harga benang per rol hanya lima ribu rupiah sedangkan lem per botol hanya tujuh ribu rupiah itu pun seminggu terkadang belum habis. Jadi tidak membutuhkan modal yang banyak ataupun operasional saat bekerja.
“Pekerjaan ini menurut saya yang cocok, selain tidak membutuhkan ijazah, keuntungannya juga lumayan. Cukup untuk menghidupi anak istri di kampung”. ujarnya sembari bersiap-siap mencari pelanggan lagi.
——————————————————-
MINGGU, 28 Juni 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...