Umat Budha di Padang Laksanakan Pradaksina Perayaan Waisak

Ritula Pradaksina dalam perayaan waisak di Kota Padang
CENDANANEWS (Padang) – 750 dari 7500 umat Budha yang ada di Kota Padang, melakukan beberapa ritual dalam memperingati hari raya waisak 2559 BE/2015 M. salah satunya ritual penyalaan pelita sinar berkah tri suci waisak dan pradaksina.
“Malam tadi kita sudah mulai menyalakan pelita sinar berkah tri suci waisak. Bagi umat Budha pelita ini ibarat seberkas cahaya dalam kegelapan hati, cahaya ini membuat kita tidak takut, cemas, dan waswas,” ujar Romo Pandita Sudarma pada cendananews, Senin (1/6/2015) malam.
Setelah ritual penyalaan pelita tersebut, para biksu, pandita upasaka dan upasika. Melakukan ritual selajutnya, yakni melakukan Pradaksina. Sebuah ritual yang dilakukan dengan mengelilingi viraha sebanyak tiga kali sembari membawa pelita tersebut.
“Pradaksina itu, mengitari vihara ini sebanyak tiga kali searah dengan jarum jam, sambil membawa lilin. Ini lambang persembahan hati kita yang tulus kepada Budha. Dimana waisak ini kita memperingati tiga peristiwa kejadian yang terjadi dalam kehidupan Budha,”lanjut Romo.
Tiga kejadian tersebut adalah, kelahiran Siddhartha Gautama dikerajaan India, lalu yang kedua saat ia mencapai pencerahan dan menjadi Budha dan yang terakhir saat ia wafat. Pradaksina itu diikuti oleh 750 lebih umat Budha yang bertempat di Vihara Budha Warman, Jalan Muara No 34 Kota Padang. Lampu sekitar vihara dimatikan, lalu para umat berjalan beriringan dengan membawa lilin ditangan mereka.
Setelah berkeliling sebanyak tiga kali, pelita (lilin) tersebut ditaruh didekat arca-arca Budha yang ada disekitaran komplek Vihara tersebut. Baik arca yang kecil ataupun yang besar. Dalam memaknai waisak pada tahun ini, umat Budha menginginkan dirinya terbebas dari segala sifat yang merugikan bagi manusia, alam dan semua makhluk.
“Tema waisak tahun ini, Dharma pelindung dunia.  Dalam arti yang lebih luas, kebenaran yang ada dalam semesta, itu akan membawa kebaikan bagi diri senidiri dan bukan penderitaan bagi orang lain,” Jelas Romo Pandita Sudarma.
——————————————————-
Selasa, 2 Juni 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...