Umat Budha di Sumbar Galang Bantuan Untuk Rohingya

Peerayaan Waisak di Kota Padang
CENDANANEWS (Padang) – Selain melakukan serangkain, ritual, upacara dan perayaan Tri Suci Waisak 2559 BE/2015, umat Buddha Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) juga menggalang dana dan bantuan untuk pengungsi Rohingya.
“Kita sudah menggalang dana untuk membantu pengungsi Rohingya, dan rencananya pertengahan Juni kita akan salurkan penggalangan dana tersebut. Tidak ada angka yang pasti untuk sampai saat ini karena penggalangan dana dilakukan semampu kita, selain itu penyalurannya juga dilakukan secara terpusat,” ujar Romo Pandita, Sudarma sebelum melakukan ritual Pradaksina dalam perayaan Waisak, Senin (1/6/2015) malam.
Romo Pandita, Sudarma
Dengan bantuan sosial tersebut, Sudarma berharap dapat meringankan penderitaan para pengungsi Muslim Rohingya yang berasal dari Myanmar. Ia dan umat Budha yang ada di Sumbar (Sumatera Barat) mengecam dan tidak setuju dengan apa yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar.
Sebab, dalam agama Buddha, kekerasan tidak dibenarkan. Ajaran Buddha. Karena dasarnya adalah agama Buddha mengajarkan relaksasi, cinta kasih, welas asih, hormat menghormati dan menjadi pelindung bagi sesama.
“Siapapun yang melakukan kekerasan, pembunuhan, penganiayaan, kita tidak setuju, siapapun yang melakukannya, sebaiknya pemerintah Myanmar cepat menyelesaikan persoalan ini” lanjutnya.
Menurutnya, apa yang terjadi terhadap pengungsi Muslim Rohingya, bukan konflik agama. Namun, lebih kepada konflik etnis. Yaitu, etnis lain di Myanmar yang tidak mengakui Muslim Rohingya sebagai warna negara dari wilayah yang mayoritasnya beragama Buddha.
“Kelihatannya konflik agama, tapi sebenarnya tidak, etnis mayoritas di Myanmar ini, menolak Rohingya karena menganggap ini bukan orang myanmar,” jelas Sudarma.
Dia beserta umat Buddha Kota Padang, sangat prihatin terhadap pengungsi Muslim Rohingya. Selain  mengimbau kepada pemerintah Myanmar agar dapat segera menyelesaikan persoalan ini, mereka juga akan menampung para pengungsi jika sampai di Kota Padang dan Sumbar secara keseluruhan.
——————————————————-
Selasa, 2 Juni 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...