Warga di Lampung Keluhkan Serbuan Monyet di Ladang Jagung

Serbuan Monyet ekor panjang
LAMPUNG – Warga di Desa Karanganyar Kecamatan Penengahan Lampung Selatan dipusingkan dengan kerusakan tanaman jagung milik mereka yang sedang berisi. Menurut salah seorang warga Desa Karanganyar, Mujiman(34), serbuan primata jenis monyet ekor panjang tersebut terjadi saat ladang jagung milik mereka tak dijaga.
Mujiman mengungkapkan, monyet monyet tersebut umumnya datang secara bergerombol dari pohon pohon sekitar hutan yang berdekatan dengan ladang jagung milik warga.
“Saya melihat beberapa petak tanaman jagung saya saat siang sudah digilas dan roboh, sementara buah jagungnya sudah ludes dimakan monyet,”ungkap Mujiman kepada CND, Minggu (14/6/2015).
Mujiman mengungkapkan serangan hama monyet tersebut kemungkinan terjadi akibat kurangnya makanan bagi gerombolan monyet tersebut di habitat aslinya. Akibatnya monyet yang sebagian sedang memiliki anak tersebut menyerbu tanaman jagung, pisang serta buah buahan jenis pepaya milik warga.
“Karenanya saya menyiapkan kentongan serta membuat api unggun kalau malam hari untuk mencegah monyet tersebut merusak tanaman jagung milik mereka,”ungkap Mujiman.
Mujiman yang memiliki lahan sekitar 2 hektar tersebut hanya salah satu dari pemilik lahan jagung yang diserang hama binatang jenis monyet tersebut. Salah satu petani penanam jagung lainnya, Hamdani (40) mengaku lahannya seluas satu hektar juga tak luput dari serangan hama monyet.
“Monyet biasanya mencari makan saat pagi hari dan kami belum berangkat ke ladang, kemudian mereka mematahkan batang batang jagung untuk diambil jagung mudanya,”ungkap Hamdani.
Ia pun menyiapkan senjata jenis ketapel serta senapan angin untuk menakut nakuti gerombolan monyet jika sedang ingin mendekat ke ladang jagung milik mereka. Hamdani menuturkan tak masalah jika gerombolan monyet tersebut memakan sebagian tanaman jagung mereka, namun yang jadi masalah beberapa justru merusak dengan merobohkan tanaman tanaman jagung miliknya.
“Kita kan selalu percaya mereka sebenarnya hanya meminta dan pastinya tidak akan dimakan semua tapi kadang batang jagung yang tak dimakan pun ikut roboh,”keluhnya.
Ia berharap dengan adanya pasokan makanan di hutan membuat monyet monyet tersebut bisa mencari makan, namun penebangan hutan serta pohon pohon membuat sumber makanan primata tersebut berkurang. Tak hanya tanaman jagung monyet monyet tersebut juga merusak tanaman lain milik petani.

——————————————————-
Minggu, 14 Juni 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...