Warga Keluhkan Mafia Dagang Beras di Pasar Labuan Bajo NTT

 Ilustrasi dagang beras bersih
FLORES – Ada-ada saja taktik para pedagang untuk meningkatkan keuntungan dalam bidang usahanya. Di Pasar Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, warga mengeluhkan mafia dagang beras yang dilakukan oleh sejumlah pedagang beras.
Modus para pedagang ini terhitung cukup rapi. Dikatakan, mereka mengaku menjual beras bersih, tetapi ternyata yang bersih hanya ada di alas dan permukaan atas karung beras.
“Mereka tusuk bagian bawah dan bagian atas karung untuk tunjukkan kualitas beras ke kita. Tusuk bagian bawah, muncul beras bersih. Bagian atas, juga pasti muncul beras bersih,” tutur seorang warga, Senin (15/06/2015).
Ternyata beras bersih, cerita dia, hanya ada di bagian alas dan permukaan atas karung. Sedangkan pada bagian tengah karung diisi dengan beras kualitas rendah.
“Bahkan beras kotor, beras campur dedak,” katanya kecewa.
Memang pasalnya, harga beras di Pasar Labuan Bajo untuk sementara terhitung lebih murah jika dibandingkan dengan yang dijual di tempat lain.
Akan tetapi, dirinya mengakui, lebih baik membeli beras langsung di rumah petani walaupun sedikit lebih mahal. “Yang penting, beras pasti bersih dan betul-betul baik,” tegasnya penuh prinsip.
——————————————————-
Selasa, 16 Juni 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Fotografer : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...