Yayasan Baiturrahman Berharap Masjid YAMP Dibangun di Mabar

Masjid YAMP
FLORES – Yayasan Baiturrahman di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, sangat mengapresiasi karya Yayasan Amalbhakti Muslim Pancasila (YAMP) dalam mendorong perkembangan agama Islam di wilayah tersebut.
“Ya, guna memfasilitasi kebutuhan sarana ibadah umat Islam,” ungkap Sekretaris Yayasan Baiturrahman, Haji Rusul di Labuhan Bajo, Rabu (24/06/2015).
Haji Rusul berharap, Masjid YAMP bisa dibangun pula di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). Dulu berkas administrasi proposal untuk pembangunan Masjid YAMP sudah diajukan sama-sama dengan Masjid YAMP Ruteng, tahun 1985.
“Akan tetapi sampai sejauh ini, belum ada tanggapan untuk pembangunan Masjid YAMP di Labuan Bajo. Waktu itu masih satu dengan Manggarai,” jelasnya.
Pembangunan Masjid YAMP di Manggarai Barat ini, di mata Haji Rusul, sangat penting. Pasalnya, perbandingan jumlah umat Muslim di Manggarai Barat jauh lebih besar daripada yang di Ruteng.
Dirinya melihat, umat Muslim di Manggarai Barat masih perlu pula mendapat sentuhan YAMP dalam usaha membangun sarana ibadah. “Mengingat kurangnya kemampuan untuk membangun secara mandiri,” ungkapnya.
Yayasan Baiturrahman merupakan Pengelolah Masjid YAMP di Kota Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT. Yayasan tersebut yang memelihara dan membuat arah tradisi Masjid YAMP di Kota Ruteng masih tetap bertahan hingga saat ini.
“Kami sudah dua kali adakan renovasi, atap dan plafon, tapi bentuk aslinya tetap dipertahankan. Semua Masjid YAMP di seluruh Indonesia bentuknya sama. Jadi, tidak boleh diubah,” tutur Haji Rusul sebelumnya, Jumat (19/06/2015).
——————————————————-
RABU, 24 Juni 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy, 
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...