10.939 Kepala Keluarga di Kulon Progo Belum Nikmati Listrik


CENDANANEWS (Kulon Progo) –  Secara administrasi hitungan angka, sebanyak 10.939 kepala keluarga (KK) di Kulonprogo belum menikmati aliran listrik dari PLN. Para warga masyarakat ini, sebagian besar berada di pinggiran yang jauh dari jaringan listrik PLN.
“Jumlah itu bisa bertambah, karena sangat mungkin saat pendataan ada yang terlewatkan,” ujar Kabid Sumber Energi ESDM Dinas Perindag ESDM Kulonprogo, Eko Susanto, Senin (6/7/2015).
Hitungan data, warga terbanyak berada  di Kecamatan Kokap dengan 2061 KK. Kecamatan Pengasih ada 1504 KK. Kecamatan Panjatan ada 1108 KK serta di Kecamatan Sentolo dengan 1176KK. 
Pemerintah sejak beberapa tahun ini sebenarnya sudah membantu program pengadaan listrik. Di 2015 ini kembali disiapkan dana sebesar Rp75 juta yang diharapkan bisa menyasar 34 KK. Tahun lalu disiapkan 150 sambungan tetapi hanya terserap 95 sambungan saja.
“Sebenarnya setiap tahun jumlahnya berubah dan yang belum menikmati listrik terus menurun,” ujarnya.
Meski belum tersentuh listrik, namun sebagian warga sudah menikmati penerangan dari PLN. Biasanya para warga ini mencabang, ndompleng atau dikenal ‘ngganthol’ pada tetangga yang sudah mempunyai aliran listrik. Jarak nya bisa mencapai puluhan meter antara induk meteran tetangga dengan lokasi yang ndompleng. Setiap bulanya para warga ini membayar secara patungan kepada pemilik rekening atas beban biaya perbulanya.
——————————————————-
SENIN, 06 Juli 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...