240 Pekerja di Balikpapan Cairkan BPJS JHT

Sosialisasi BPJS Ketegakerjaan
CENDANANEWS (Balikpapan) – Sebanyak 240 pekerja yang masuk dalam masa 5 tahun 1 bulan hari ini (Selasa) mencairkan jaminan hari tua (JHT) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kalimantan. Pencairan ini dilandasi aturan teknis pemerintah pusat melalui Kementrian Ketenagakerjaan bahwa ada masa transisi selama 1 bulan ini diperbolehkan mencairkan JHT. 
Afdiwar Anwar
Kepala Kantor Wilayah Kalimantan BPJS Ketenagakerjaan, Afdiwar Anwar menyebutkan, nilai klaim JHT pada hari ini sebesar Rp1,2 miliar lebih. Bahkan untuk pelayanan pencairan JHT itu dibuka hingga malam hari. 
“Selama Juli masa transisi kita buka sampai malam,” jabarnya, Selasa (7/7/2015).
Untuk Kalimantan, pihaknya sudah menyiapkan data dan angkanya. Klaim yang dibayarkan Januari – Mei 2015 se-Kalimantan sebanyak 20.090. pekerja dengan nominal Rp.206,245 miliar.
Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan sosialisasi kepada 250 perusahaan di Kalimantan termasuk riuhnya program JHT yang diluncurkan 1 Juli lalu.
Ia mengakui edukasi yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta belum sempurna. Karena itu, sosialisasi mengenai program BPJS Ketenagakerjaan terus dilakukan dengan masif agar pekerja paham. 
“Sosialisasi ini diharapkan memberikan pemahaman yang baik dan utuh mengenai program Jaminan kecelakaan, Jaminan Hari tua, Jaminan Kematian dan Pensiun yang diluncurkan,” harap Afdiwar.
——————————————————-
SELASA, 07 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...