Abu Vulkanik Gunung Raung Sebabkan Lima Bandara Ditutup

CENDANANEWS (Surabaya) – Meskipun statusnya masih level III (Siaga) namun hingga saat ini belum ada evakuasi masyarakat sekitar.  Namun kondisi Gunung terus dipantau oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur.
“Statusnya masih Siaga, jadi masih aman. Letupan Gunung Raung sampai saat ini masih tertampung di kaldera,” Jelas Kepala BPBD Jatim, Sudharmawan di Surabaya, Jumat (10/7/2015).
BPBD juga menghimbau masyarakat untuk tidak mendekati gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter diatas permukaan laut, karena abu vulkanik sejak beberapa hari yang lalu dapat mengganggu kesehatan.
BPBD juga menyebutkan, abu yang dikeluarkan menyebabkan terjadi gangguan pada penerbangan. Beberapa penerbangan ditunda maupun ditutup sejak keluarnya abu vulkanik dari Gunung Raung.
Hal tersebut dibenarkan Liza Anindiya, Humas PT. Angkasa Pura 1 Juanda. Dikatakan untuk jurusan Surabaya-Lombok dan Lombok-Surabaya delay akibat penutupan bandara.
“Lima bandara yang ditutup antara lain, Bandara Internasional Lombok, Bandara Selaparang Lombok, Bandara Notohadinegoro Jember, Bandara Blimbingsari Banyuwangi dan Bandara Ngurah Rai Bali,” Jelasnya.
Menurut otoritas penerbangan, penutupan ini dikarenakan abu vulkanik yang berasal dari Gunung Raung dapat mengganggu penerbangan.
Menurut Liza dari Kamis (9/7) malam sampai Jum’at (10/7) dini hari ada beberapa pesawat daru Jogjakarta dengan tujuan Denpasar harus dialihkan menuju Surabaya karena Bandara Ngurah Rai ditutup.
“Dan sampai pagi ini masih belum ada perkembangan apakah Bandara Ngurah Rai sudah bisa dibuka apa belum kami masih menunggu konfirmasi lagi,” tukasnya.
——————————————————-
JUMAT, 10 Juli 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...