Agustus Hingga September akan Jadi Puncak Kekeringan di NTB

Potensi hujan [BKMG]
CENDANANEWS (Mataram) – Kekeringan diprediksi akan terus berlangsung, disebagian daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), diantaranya Pulau Lombok bagian selatan, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu dan Bima. Hal tersebut akan memasuki puncaknya pada Agustus hingga September 2015.
“Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) NTB memprediksi bulan Agustus dan september sebagai puncak bencana kekeringan, bahkan kondisinya diperkirakan lebih ekstrem dari tahun sebelumnya,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG NTB, Wan Dayantolis di Mataram, Rabu (22/7/2015).
Dikatakan, bencana kekeringan yang melanda sebagian daerah di NTB sekarang ini memang sudah berlansung sejak bulan Juli lalu, namun bulan agustus dan september akan menjadi bulan puncak terjadinya kekeringan, sehingga Pemda NTB termasuk masyarakat NTB diminta sudah siap siaga dari sekarang, terutama yang paling vital sola kebutuhan masyarakat akan air bersih.
Dijelaskan kekeringan yang terjadi saat ini dimulai pada waktu yang mundur, sehingga prediksi hujan pada waktu mendatang juga akan mundur. Selain itu akibat mundurnya musim kemarau tiba juga berpotensi pada intensitas kekeringan akan menjadi lebih tinggi.
“BMKG berharap perkiraan tersebut bisa menjadi acuan bagi Pemda NTB untuk segera mengambil langkah antisipatif, sehingga kekeringan dan krisis air bersih bagi masyarakat terutama pada puncak kekeringan nantinya bisa segera diantisipasi dari sekarang,” katanya
Sebelumnya Gubernur NTB, Zainul Majdi telah menetapkan siaga bencana kekeringan bagi seluruh Kabupaten Kota di NTB dan memerintahkan Badan Penanggulanganan Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial NTB untuk melakukan kordinasi dengan Kabupaten Kota, mengidentivikasi setiap titik untuk memastikan tidak ada warga yang mengalami kekurangan air bersih dengan menyalurkannya melalui tangki yang sudah ada.
——————————————————-
RABU, 22 Juli 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...