Aji Ambon: Narasumber Jangan Beri THR Kepada Wartawan

Abdul Karim Angkotasan
CENDANANEWS (Ambon) – Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Ambon, Abdul Karim Angkotasan, kepada CND di Ambon Rabu (8/7/2015) malam, menghimbau kepada seluruh narasumber dari instansi pemerintah daerah, TNI/POLRI di Provinsi Maluku untuk tidak memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada para pekerja pers atau wartawan.
Menurut Angkotasan, himbauan tersebut disampaikan AJI Ambon demi menjaga pers yang independen dan wartawan yang profesional sehingga masyarakat mendapat informasi yang objektif dan berimbang.
Ia menegaskan, himbauan ini sudah tepat seusai ketentuan Undang-Undang No 40 tahun 1999 tentang Pers pasal 7 ayat 2 tentang kode etik jurnalistik melarang wartawan menerima suap dalam bentuk apapun. 
“Jika itu terjadi maka adalah bentuk upaya suap,” tegasnya.
Angkotasan menjelaskan, penafsiran suap adalah segala pemberian dengan bentuk uang, benda atau fasilitas dari pihak lain yang mempengaruhi independensi.
“Wartawan juga dilarang menyalahgunakan profesinya untuk kepentingan pribadi,” tandasnya.
Jika ada instansi pemerintah yang tetap memberikan THR kepada wartawan, maka ia meminta, pihak pemerntah daerah memberikan rincian penjelasan dan sumber dananya, untuk menghindari penyalahgunaan APBD.
“Himbauan ini sudah kami sampaikan secara tertulis pada 4 Juli 2015, kepada semua instansi pemerintah TNI POLRI di Maluku,” pungkasnya.
——————————————————-
KAMIS, 09 Juli 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...