Akses Pupuk Subsidi, Petani Diminta Masuk Kelompok Tani

CENDANANEWS (Flores) – Akses bagi para petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi kini diarahkan melalui kelompok tani (poktan). Hal ini diakui cukup mengagetkan para petani yang belum sempat bergabung dalam poktan di Kabupaten Manggarai, Flores, NTT.
“Saya pernah ke Toko Selamat, mau beli pupuk. Sampai di sana, saya ditanya, anggota kelompok tani apa? Saya bingung. Lalu karena belum gabung kelompok tani, saya tidak dilayani untuk beli pupuk,” ungkap Pit Pantur, Kamis (09/07/2015).
Toko Selamat dikenal sebagai Toko Tani dan Ternak. Toko ini merupakan Penyalur resmi pupuk dan obat-obatan untuk pertanian dan peternakan di Kabupaten Manggarai.
Pengakuan yang sama diungkapkan pula oleh Nadus Mahat dan Tobi Hanu sebelumnya di Golonderu, Desa Jaong, Minggu (05/07/2015). Tobi mengakui, dirinya sempat kaget karena persis belum mendapat pemberitahuan resmi dari pihak berwewenang di desanya perihal keharusan masuk poktan sebagai syarat mutlak untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.
“Terus terang, saya sendiri tahu syarat ini pas baru saat beli pupuk,” ungkap Tobi diamini Nadus.
Sementara itu, terkait dengan hal ini,  sebelumnya Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan pada Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP), Hermene G. Hour, menghimbau para petani di Kabupaten Manggarai agar sedapat mungkin masuk ke dalam kelompok tani (poktan) yang ada di desa masing-masing.
Hour mengakui, untuk membentuk sebuah kelompok tani membutuhkan proses yang panjang.
“Untuk sementara, supaya bisa dapat obat dan pupuk subsidi, silahkan warga yang belum jadi anggota kelompok tani gabung saja dulu ke kelompok tani yang sudah ada di desanya,” himbau Hour.
——————————————————-
KAMIS, 09 Juli 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Fotografer : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...