Aktifitas di Gereja GBI Sleman Dihentikan Pasca Percobaan Pembakaran

CENDANANEWS (Yogyakarta) – Aparat keamanan dari kepolisian dan TNI tampak berjaga di sepuratan Gereja Bastis Indonesia Saman yang terletak di Saman, Bangunjiwo, Sewon, Bantul yang hampir terbakar pada Senin (20/7/15) pagi.
Kondisi tempat ibadah yang terletak di tengah pemukiman warga terlihat warna cat yang sebagian tampak gosong menghitam. Pintu tempat ibadah yang berwarna coklat juga mengalami hal yang sama namun tidak sampai rusak ataupun berlubang.
Saat dilihat di bagian dalam juga kursi yang ada masih tertata rapi hanya nampak tumpahan air di depan pintu masuk yang diduga akibat proses pemadaman api yang hampir membakar gereja tersebut.
Tidak ada aktifitas di tempat ibadah yang berukuran sekitar 6 x12 meter, hanya ada sebuah mobil minibus yang terparkir di depan tempat ibadah, aktifitas warga juga berjalan normal. 
Namun untuk kegiatan yang berkaitan dengan peribadatan, sementara waktu belum di adakan. Sampai saat ini beberapa petugas kepolisian dari Polres Bantul masih tampak standby berjaga tidak jauh dari lokasi tempat ibadah.
Percobaan pembakaran oleh orang tidak dikenal dengan menggunakan sepeda motor. Di perkirakan antara pukul 02.30-03.00 WIB.
Menurut salah seorang warga Ratno yang sempat berjaga ronda di malam sebelumnya, mengatakan sepulang ronda sekitar pukul 02.10 WIB kondisi tempat ibadah itu masih aman belum terbakar.
Dia yang kemudian berangkat ke Pasar Giwangan kemudian ditelpon oleh anaknya sekitar pukul 02.50 WIB, karena tempat ibadah itu terbakar. Saat sampai di lokasi api sudah menyala dari ban yang terbakar tepat di depan pintu tempat ibadah tersebut.
“Pas kesini warga sudah mulai memadamkan api dengan peralatan seadanya,” tambahnya.
Tak butuh waktu lama, sekitar 30 menit kemudian api berhasil padam oleh warga, tak lama kemudian petugas kepolisian baru datang ke TKP. 
  
Saat ini kasus tersebut tengah didalami oleh pihak kepolisian, dan belum bisa dipastikan apa penyebab dan motifnya. Semua pihak berharap,permasalahan ini cepat selesai. Dan suasana tetap dalam keadaan kondusif.

——————————————————-
SELASA, 21 Juli 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...