Antisipasi Abu Vulkanik Gunung Raung, BPBD Bagikan 563 ribu Masker

Peta Geologi Gunung Raung [Foto: Charolin Pebrianti]
SURABAYA — Meski aktifitas Gunung Raung mengalami penurunan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur tetap membagikan masker untuk melindungi masyarakat dari dampak abu vulkanik.
“Kami telah dropping masker sebanyak 563 ribu ke beberapa daerah sekitar Gunung Raung,” kata Kepala BPBD Jatim, Sudharmawan saat ditemui Cendana News, Rabu (29/7/2015).
Sudharmawan
Disebutkan, daerah yang mendapat bantuan masker yaitu Banyuwangi, Lumajang, Situbondo, Probolinggo dan Jember. Selain itu pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam penyelidikan penyakit ISPA akibat debu vulkanik.
“Sejauh ini masih aman belum ada laporan warga terkena ISPA akibat debu vulkanik,”katanya.
Selain masker, BPBD menyiapkan buffer stock makanan siap saji jika sudah ada pengungsian warga.
“Jika sudah ada pengungsian baru kami bantu logistiknya, seperti makanan, alat dapur, dan tenda. Tapi, sejauh ini masih aman belum ada laporan pengungsi,” Tukasnya.
Letusan Gunung Raung bisa mengancam keselamatan jiwa di tiga kabupaten, yaitu Banyuwangi sebanyak 115.878 jiwa, Bondowoso sebanyak 1.836 jiwa dan Jember sebanyak 21.668 jiwa.
“BPBD Jatim telah menyiapkan 33 titik jalur evakuasi atau shelter beberapa desa yang terdampak dan total penduduk yang masuk dalam perencanaan kontijensi berjumlah 139.382 jiwa,” tutupnya.
Saat ini, kondisi terkini Gunung Raung mengalami penurunan aktifitas, jika sebelumnya gempa tremor sebanyak 29, sekarang sudah turun menjadi 28 tremor. Namun demikian, aktivitas Gunung Raung masih tetap dalam pantauan.
“Masih kami pantau keadaan Gunung Raung,” Ujarnya. (Charolin Pebrianti)
Lihat juga...