Arus Balik Diperkirakan Masih Terjadi Dalam Dua Minggu Kedepan

Aktifitas di Pelabuhan Semayang [Foto: Ferry Cahyanti]
BALIKPAPAN — Pergerakan penumpang mudik dan balik menggunakan transportasi laut melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan tahun ini mencapai 58 ribu penumpang. Jumlah penumpang yang naik sebanyak 39 ribu penumpang dan yang datang sampai hari ini mencapai 19 ribu penumpang.
Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Balikpapan (KSOP) Balikpapan Sugeng Wibowo memperkirakan yang belum balik masih sekitar 15 ribu penumpang dan diperkirakan akan berdatangan dalam dua minggu kedepan. 
“Diperkirakan masih ada 15 ribu penumpang yang belum balik dari data yang mudik kemarin. Dan tahun ini ada peningkatan 25 persen untuk mudik,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (28/7/2015).
Menurutnya, dari evaluasi yang dilakukan untuk pelaksanaan arus mudik dan balik di Semayang berjalan dengan lancar, meskipun ruang tunggu atau terminal penumpang pelabuhan masih belum bisa menampung penumpang yang ada, sehingga dibuatkan tenda untuk penumpang.
Untuk itu, ke depan perlu adanya peningkatan fasilitas pelabuhan penumpang baik itu terminal penumpang dan penambahan ruang parkir. 
“Kedepannya perlu ada peningkatan fasilitas, dan ini jadi pengalaman tahun ini,” tandasnya.
Sugeng mengatakan, peningkatan fasilitas umum ini sangat penting dilakukan, mengingat arus penumpang yang diprediksikan akan meningkat dari tahun ke tahun.
Berdasarkan data yang dihimpun KSOP Balikpapan sejak awal tahun hingga akhir Juni 2015, penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Semayang mencapai 176.228, meningkat dari periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 149.039 penumpang. (Ferry cahyanti)
Lihat juga...