Atasi Kekeringan di NTB, Kementan Siapkan 125 Unit Pompa Air

Rapat koordinasi swasembada pangan dan antisipasi kekeringan di NTB
MATARAM — Mengatasi kekeringan yang terjadi beberapa bulan terakhir, Kementerian Pertanian (Kementan) mempersiapkan sebanyak 125 unit pompa air yang akan disebar dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat, maupun mengairi tanaman pertanian di sejumlah Kabupaten Kota di Nusa Tenggara Barat (NTB).
“Sudah kita persiapkan 125 unit pompa air untuk segera disalurkan dan digunakan membantu masyarakat yang tinggal di daerah yang selama ini menjadi langganan kekeringan, untuk menyedot air di tempat yang ada mata air maupun sumur buatan atau sumur bor,” kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman saat menghadiri rapat kordinasi penanggulanganan kekeringan di Korem 162 Mataram, Jum’at (31/7/2015).
Andi menyebutkan, selain menyalurkan bantuan pompa air, Kementan juga membentuk tim khusus yang akan bekerja membantu mempercepat penanganan masalah kekeringan, dengan melibatkan Pemda NTB, aparat TNI dan stakeholder lain.
Tim khusus nantinya akan bertugas melakukan kordinasi, mengidentifikasi titik yang selama ini menjadi langganan kekeringan, kemudian mencari tempat atau mata air yang ada untuk dipompa dan dialirkan. Kalau tidak ada air, maka akan dibuatkan seribu sumur dangkal di daerah lahan kering.
“Penanganan masalah kekeringan tidak bisa dilakukan sendiri, tapi harus melibatkan semua unsur dan banyak pihak termasuk kalangan masyarakat sendiri, sehingga bisa cepat teratasi,” ungkapnya.
Dalam rangka penanganan masalah kekeringan, Kementan sendiri kata Andi menggelontorkan anggaran dana senilai 880 miliar yang akan digunakan di seluruh wilayah di Indonesia yang terkena bencana kekeringan, termasuk NTB.
JUMAT, 31 Juli 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...