Bantuan ADD, Warga Gotong Royong Bangun Jalan Pertanian

Jalan pertanian [Foto: Henk Widi]
LAMPUNG — Jalan pertanian sepanjang 3.100 meter dibangun untuk memudahkan akses masyarakat. Pengerjaannya bersumber dari bantuan anggaran dana desa (ADD) dan swadaya masyarakat Kutawaringin, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu melalui gotong royong.
Kepala Dusun Kampung Kutawarigin, Efendi menuturkan, warga bergotong royong membangun jalan pertanian dengan lebar 4 meter menggunakan ADD. Jalan tersebut digunakan sebagai penghubung antar pekon. 
Pembuatan jalan selebar empat meter ditujukan untuk mempermudah para petani membawa hasil panen agar dapat dilewati menggunakan kendaraan roda empat. Karena sebelumnya, jalur tersebut hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua.
Dia menambahkan, jalan ini menjadi salah satu akses vital yang digunakan warga untuk melakukan aktifitas terutama para petani yang sehari hari bekerja di lahan pertanian dan perkebunan.
“Jalan tersebut juga merupakan akses ke Jalan Raya Kutawarigin. Jika jalan ini sudah bagus, diharapkan roda perekonomian juga lancar terutama untuk mengangkut hasil pertanian masyarakat setempat,”ungkap Effendi kepada Cendana News, Rabu (29/7/2015).
Dia mengungkapkan, warga sangat antusias dengan adanya perbaikan yang sebelumnya hanya jalan tanah dan mulai ditingkatkan menjadi lebih layak.
Selain memperbaiki jalan, warga juga bergotong royong membangun irigasi dengan lebar 80 cm. Biasanya, saat musim hujan, air meluap ke daratan dan menggenangi badan jalan, sehingga mempersulit aktifitas para petani.
“Warga juga tak segan-segan bergotong-royong. Bukan hanya itu, ada pula bantuan dari warga demi menutupi kekurangan bahan material,” pungkasnya.
Diharapkannya, dengan adanya perbaikan jalan ini, masyarakat lebih bersemangat ke kebun, sawah dan dapat mempermudah para petani membawa pupuk, hasil panen dan yang lainnya.
“Tidak perlu lagi khawatir saat musim hujan dan jalan dapat dilewati kendaraan roda empat,” sebutnya. (Henk Widi)


Lihat juga...