Belasan Rumah Semi Permanen di Balikpapan Habis Terbakar

CENDANANEWS (Balikpapan) – Sebanyak 19 unit bangunan semi permanen di kawasan padat penduduk Jalan Soekarno Hatta KM 1 Strat II RT 22 Kelurahan Gunung Samarinda Balikpapan Utara, Senin (13/7) siang ludes dilalap si jago merah.
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut namun kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
Berdasarkan informasi api pertama kali muncul sekitar pukul 11.30 wita, diawali asap tebal dan bunyi ledakan dari dalam rumah warga di RT 22.
Salah satu warga yang rumahnya terbakar, Samingun mengungkapkan, dirinya mengetahui ada kebakaran ketika muncul bunyi ledakan.
“Ada bunyi ledakan dorr.!! waktu itu saya habis pulang dari pasar mau istirahat di ruang tamu, setelah bunyi ledakan itu saya keluar rumah dan api sudah mendekati rumah saya,” terang Samingun dilokasi kejadian, Senin (13/7/2015).
Dari pantauan, para pemilik rumah berlarian menyelamatkan barang berharganya seperti kulkas, sepeda motor, televisi dan surat-surat berharga. Namun beberapa ada yang tidak sempat menyelamatkan barang berharganya terlihat syok dan pingsan.
Isak tangis korban kebakaran pecah ketika ada keluarga korban yang datang hendak menolong korban.
“Habis semua ga ada kesisa. Habis semua terbakaar,” ujar Mislani sembari memeluk kakaknya.
Sementara itu, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah TBPBD) Kota Balikpapan sedikitnya mengerahkan 15 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dibantu mobil water canon Dit Sabhara Polda Kaltim. Sekira pukul 13.30 wita api dapat dijinakkan.
Kepala bidang kedaruratan dan evakuasi kebakaran BPBD Kota Balikpapan, Shuhada mengatakan tim Damkar sempat mengalami kesulitan dalam memadamkan api mengingat sempitnya akses jalan masuk mobil damkar.
“Rumah warga yang berdekatan dan jalan yang sempit jadi memang kita agak kesulitan, tidak bisa langsung menyemprot ke titik api namun kita harus menyambung slang terlebih dahulu dari jalan raya,” ujarnya.
——————————————————-
MINGGU, 12 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...