Bentuk Karakter Siswa, SMK Kartika Gelar Pelatihan PBB

MALANG — Pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) warnai hari kedua Masa Orientasi Siswa (MOS) Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Kartika Malang yang di gelar di Lapang Rampal Malang setelah sehari sebelumnya siswa baru mendapatkan pelajaran pendidikan umum jurusan.
“MOS hari kedua ini memang sengaja di isi dengan pelatihan PBB yang bertujuan untuk pembentukan karakter seluruh siswa SMK Kartika khususnya siswa baru,” jelas Pelaksana MOS, Ibu Elis kepada Cendana News Selasa (28/7/2015).
Disebutkan, Latihan PBB yang diikuti oleh seluruh siswa dilatih langsung oleh anggota Kodim Malang. Selain latihan PBB, nantinya juga akan diadakan Latihan Dasar Kepemimpin bagi siswa.
Agenda MOS direncanakan selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu dengan berbagai kegiatan seperti pengenalan lingkungan sekolah, pelajaran pendidikan umum jurusan, pembentukan karakter, wawasan kebangsaan.
“Dan terakhir, besok akan dijadikan ajang kreasi siswa baru,” tutur Elis.
Disebutkan, Sekolah Menengah Kejuruan yang beralamat di Jalan Kesatrian 1 A ini memiliki tiga jurusan yaitu busana, tata boga dan jurusan kecantikan. Tahun ini 120 siswa baru belajar di SMK Kartika dengan rincian 12 orang siswa laki-laki dan 108 siswa perempuan.
“Karena di sekolah ini jurusan yang di sediakan memang ditujukan untuk pendidikan keputrian, sehingga jumlah siswa perempuan memang jauh lebih banyak di banding siswa laki-laki, Siswa laki-laki disini dominan mengambil jurusan tata boga,”ucapnya. 
Dari pantauan Cendana News, selain SMK Kartika terdapat pula siswa SMP dan SMA lain seperti SMPN 5 dan SMA 3 Malang yang juga menggelar latihan PBB di lapangan Rampal. (Agus Nurchaliq)


Lihat juga...