BPBD Bagikan Ratusan Ribu Masker untuk Pengungsi Gunung Raung

Kantor BPBD Jawa Timur
CENDANANEWS (Surabaya) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah provinsi Jawa Timur menyiapkan 120 ribu masker untuk masyarakat yang terkena dampak letusan Gunung Raung.
“Sejak kemarin sudah ada efek debu dan masker telah dikirim. Totalnya sekitar 120 ribu masker,” ujar Sudharmawan Kepala BPBD Jatim di Surabaya, Rabu (1/7/2015).
Masker tersebut siap dikirim kapan saja untuk wilayah Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Lumajang yang terdampak debu letusan Gunung Raung.
Menurut Sudharmawan, peta kontijensi sudah disiapkan sejak 2012, telah dipersiapkan pula tempat penampungan pengungsi, berikut jalur evakuasi.
“Tapi, tetap akan diperbarui sehingga bisa disempurnakan dengan kondisi saat ini,” jelasnya kepada awak media.
Daerah yang terdampak erupsi antara lain, Kabupaten Banyuwangi lima kecamatan, 18 desa, Kabupaten Bondowoso dua kecamatan, empat desa, Kabupaten Jember satu kecamatan, tiga desa.
Jumlah jiwa yang terancam, Banyuwangi sebanyak 115.878 jiwa, Bondowoso sebanyak 1.836 jiwa, Jember sebanyak 21.668 jiwa.
“BPBD Jatim telah menyiapkan 33 titik jalur evakuasi atau shelter beberapa desa yang terdampak dan total penduduk yang masuk dalam perencanaan kontijensi berjumlah 139.382 jiwa.” Tegasnya.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Raung dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) sejak Senin 09.00.
Kepala BPBD Kabupaten Jember, Suhanan mengatakan Gunung Raung menyemburan lava pijar pada Hari Minggu (28/6) malam.
Aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) seiring peningkatan statusnya menjadi siaga.
“Petugas kami di lapangan menyampaikan adanya semburan lava pijar atau sinar api terlihat dari puncak Raung dan terdengar suara dentuman yang keras.” Tukasnya.
——————————————————-
RABU, 01 Juli 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...