BPBD Himbau Masyarakat Hindari Gunung Raung Radius Tiga Kilometer

CENDANANEWS (Surabaya) – BPBD Provinsi Jawa Timur menghimbau masyarakat untuk menghindari Gunung Raung dengan jarak tiga kilometer sebagai bentuk antisipasi dari dinaikkannya status dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III).
“Rekomendasi itu berlaku kepada masyarakat disekitar Gunung Raung, pengunjung wisatawan hingga pendaki,” jelas Kepala BPBD Jatim, Sudharmawan di Surabaya, Rabu (1/7/2015).
BPBD Provinsi Jawa Timur berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait dengan perkembangan dan kondisi terkini Gunung Raung.
“Pemerintah Kabupaten terkait senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Raung di Kampung Manggaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Sengon, Kabupaten Banyuwangi atau dengan PVMBG di Bandung.” Ungkapnya.
BPBD Jatim mengungkapkan akan mengundang tiga BPBD Kabupaten sebagai koordinasi lanjutan. Seperti makanan siap saji yang dipersiapkan untuk pengungsi. Petugas BPBD Jatim menerjunkan Bidang Kedaruratan dan Logistik Pencegahan dan Kesiapsiagaan dan Pusdalop untuk menyalurkan bantuan makanan cepat saji.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak Senin 09.00 menaikkan status Gunung Raung dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III).
Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) menyemburkan lava pijar pada Minggu malam (28/6) serta dibarengi dengan suara dentuman yang keras diawasi oleh BPBD Kabupaten Jember.
——————————————————-
RABU, 01 Juli 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...