Burhan Alethea : Terkait Raung, Masyarakat Tidak Perlu Panik


CENDANANEWS (Jawa Timur) — Aktivitas gempa tremor Gunung Raung yang berada di perbatasan Banyuwangi, Jember, Bondowoso dan Lumajang terus berlangsung dan cenderung meningkat.

Burhan Alethea, Pengamat Gunung Api saat di konfirmasi Cendana News melalui saluran telepon menyampaikan bahwa sampai saat ini, Jumat (10/7/2015) data yang terekam menunjukkan bahwa Gunung Raung mengalami gempa tremor dengan amplitudo 28 milimeter. Suara gemuruh dari tinggkat rendah hingga tinggi juga masih sering terdengar. Terlihat pula Kepulan asap dengan ketinggian mencapai 500-600 meter yang megarah ke selatan. 
Adanya kepulan asap tersebut berpotensi mengganggu jalur penerbangan sehingga kami menghimbau beberapa bandara seperti bandara yang ada di Surabaya, Banyuwangi,Bali dan juga Lombok untuk menunda atau membatalkan penerbangan dengan rute yang melewati sekitar Gunung Raung”, ujarnya.
“Setiap harinya memang terjadi letusan pada Gunung Raung namun demikian letusan-letusan tersebut masih kembali lagi ke kawah dan tidak sampai keluar dari Caldera, sehingga sampai saat ini belum ada peningkatan status terhadap gunung Raung,” lanjutnya.
Masyarakat dihimbau agar tidak panik dan dilarang mendekati maupun melakukan aktivitas disekitar gunung dengan radius sejauh 3 kilometer. Selain itu, masyarakat hendaknya juga tetap menggunakan masker dalam beraktivitas. 
——————————————————
Jum’at, 10 Juli 2015
Jurnalis : Agus Nurchaliq
Editor : Gani Khair
—————————————————–
Lihat juga...