Daun Ketupat Paling Dicari Konsumen Jelang Lebaran

CENDANANEWS (Balikpapan) – Daun kelapa yang digunakan untuk memubuat ketupat selalu menjadi buruan dari masyarakat yang akan merayakan Idu Fitri, tidak terkecuali di Balikpapan. Sejumlah pedagang tradisional mulai berjualan daun ketupat dan juga daun pisang saat memasuki H-2 lebaran tahun ini. 
“Dari kemarin sudah jual tapi baru hari ini baru mulai ramai pembeli,” ucap Nia pedagang kawasan Pandansari, Rabu (15/7/2015). 
Dia menerangkan, 15 lembar daun ketupat dijual Rp5 ribu. Sedangkan daun yang sudah dianyam membentuk ketupat dibandrol Rp8 ribu per ikat isi 10 buah.
Untuk daun pisang yang lebih dijual Rp20 ribu per ikat sedangkan daun yang tua dipatok Rp15 ribu per ikat.
Hari ini, Rabu (15/7) harga dipastikan naik seiring dengan melonjaknya permintaan. Meski permintaan meledak, pasokan akan tetap tersedia. “Kalau habis kami tambah lagi. Stoknya banyak kami ambil dari PPU,” sahutnya. 
Senada dengannya, Rohana pedagang daun ketupat kawasan Klandasan. “Hari ini baru ramai,” ulasnya yang membandrol daun ketupat Rp7 ribu isi 10 lembar sedangkan yang sudah berbentuk ketupat dijual Rp10 ribu per ikat isi 10 buah.
Semakin mendekati hari raya ketupat yang paling banyak dicari ketupat dibanding daun pisang. Itu karena kesempatan untuk menganyam semakin terbatas. Kalau sudah begitu harga jelas melesat. Pedagang mengaku memasok dalam jumlah besar lantaran permintaan akan terus membumbung hingga tradisi lebaran ketupat tiba.
Sementara itu, di Pasar Klandasan harga daging sapi potong sudah menanjak. Mencapai Rp130 ribu per Kg dari naik Rp10 ribu dari hari normal. Permintaan pun melesat menjelang hari raya. 
“kemarin saja sudah ramai. Lebih dari 100 Kg biasanya 60 Kg,” serunya. Pun begitu untuk harga ayam potong sudah meningkat mencapai Rp50 ribu per ekor dari Rp35 ribu per ekor. Itu untuk ukuran kecil. Sedangkan ayam potong ukuran besar kini menyentuh Rp60 ribu dari Rp40 ribu per ekor. 
“Hari ini naik lagi. Naik Rp1.000 per Kg tapi pasti habis karena sebentar lagi Lebaran, saya siapin 300 ekor,” ucap pedagang setempat. 
——————————————————-
RABU, 15 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...