DPR: Terkait Dinasti Politik, Kita Harus Hormati Keputusan MK

Agus Hermanto
CENDANANEWS (Jakarta) – Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Demokrat Agus Hermanto meminta semua pihak untuk menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan salah satu pasal di Undang-Undang (UU) Pilkada mengenai syarat calon kepala daerah tidak boleh memiliki hubungan darah dengan petahana atau incumbent.
“Kita harus ikuti aturan-aturan yang diputuskan oleh lembaga yang berwenang untuk memutuskan masalah peraturan tersebut,” kata Agus di Nusantara III, senayan  Jakarta, Kamis (09/07/2015).
Disebutkan, keputusan MK tersebut tidak akan menimbulkan problem dalam Pilkada nanti. Bahkan ia berjanji DPR akan mempelajari keputusan itu dan melakukan evaluasi beberapa hal apa yang sudah diputuskan.
“Apabila keputusan ini membawa dampak lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya, maka kita akan memberikan masukan agar ditinjau ulang,” Ujarnya.
Ia menekankan, untuk saat ini apa yang sudah diputuskan oleh MK kita harus dihormati. 
Diketahui sebelumnya MK sudah merestui gugatan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan terkait  permohonan uji materi dan pasal pembatasan larangan keluarga petahana alias politik dinasti dalam UU Pilkada 2015, sebab pasal 7 huruf r UU nomor 8 Pilkada itu melanggar konstitusi dan bertentangan dengan UUD 1945.
——————————————————-
KAMIS, 09 Juli 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Fotografer : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...