DPW PPP Maluku Uji Calbup-Cawabup Tiga Kabupaten


CENDANANEWS (Ambon) — Pemilihan kepala daerah (Pemilukada) baik gubernur bupati/walikota yang akan digelar tahun ini di Indonesia termasuk di provinsi Maluku,  partai politik mulai melakukan penjaringan dalam bentuk Fit And Proper Test Bakal Calon Kepala Daerah.
Data yang dihimpun Cendana News di sekretariat Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) Maluku, Jalan Permi Kota Ambon sejak tiga hari melakukan fit and proper test terhadap para calon bupati dan calon wakil bupati (calwabup) tiga Kabupaten dari 11 Kabupaten di Provinsi seribu pulau tersebut.
Adalah calon bupati Kepulauan Aru, Buru Selatan (Bursel), dan Seram Bagian Timur (SBT). Fit and proper test dilakukan di Sekretariat DPW PPP Maluku Jalan Permi Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Provinsi Maluku milik partai berlambang Ka’bah tersebut.
Sekretaris Tim Fit And Proper M Asrul Pattimahu MA yang diwawancarai Cendana News di Sekretariat DPW PPP Maluku Jalan Permi Kecamatan Sirimau Kota Ambon mengatakan, sesuai agenda proses fit and proper test dilakuakn selama tiga hari yakni sejak Kamis 9 Juli 2015 – Sabtu 11 Juli 2015.
Menurutnya, yang sudah berproses atau mengikuti fit and proper test yakni calon Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulissa, Hakim Fatsey. Calon bupati Kepualaun Aru, Obed Barends, dr. Johan Ngango, dan Williem Kurnala. Kemudian Mukti Keliobas yakni calon bupati Seram Bagian Timur.
Asrul menjelaskan, fit and proper test dilakukan sesuai juklak nomor 0496 DPP tentang pencalonan dan penetapan bakal calon kepada daerah.
“Fit and proper test bertujuan untuk mngetahui visi misi dan pemahaman bakal calon terhadap daerah mereka masing-masing,” ujarnya.
Menyangkut rekomendasi bagaiamana tim mengevaluasinya, Asrul menerangkan, usai fit and proper test tim akan mengevaluasi dan hasilnya akan serahkan ke DPW PPP Maluku kemudian diteruskan lagi oleh DPW ke DPP.
“Hal-hal yang diuji berkaitan dengan keinginan, harapan dan cita-cita politik serta pandangan bakal calon bupati di daerah mereka yang akan menggelar Pemilukada. Untuk rekomendasi ditentukan oleh DPP,” terangnya.
Lanjutnya, Tim Fit And Proper Test DPW PPP Maluku juga melibatkan akademisi dari IAIN Ambon dan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.
“Tim tetap independen dan objektif untuk menilai dan mengevaluasi masing-masing calon bupati yang sudah mengikuti proses fit and proper test,” ucapnya.
Dari pantaun media ini Sabtu (11/7/2015) siang hingga maghrib,  tim Fit And Proper Test yang diketuai Ir. Afras Pattisahusiswa itu sedang menguji Obed Barends salah satu satu calon bupati Kepulauan Aru dari tiga kabupaten yang mendaftar di DPW PPP Maluku.
———————————————-
Sabtu, 11 Juli 2015
Jurnalis : Samad Vanath Sallatalohy
Foto : Samad Vanath Sallatalohy
Editor : Gani Khair
———————————————-
Lihat juga...