Festival Angguk, Sarana Promosi Desa Wisata dan Kesenian

KULON PROGO – Festival Atraksi Kreasi Angguk se-Daerah Istimewa Yogyakarta yang digelar di Waduk Sermo Kulon Progo berlangsung sukses. 15 kelompok seni menampilkan kreasi terbaik mereka dalam memberikan kontribusi untuk mendukung desa wisata yang digalakan oleh pemerintah Provinsi dan Kabupaten.
Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Kulonprogo, Krissutanto mengatakan, Angguk adalah seni budaya asli dari kabupaten Kulon Progo.  Dan Festival ini diikuti oleh beberapa daerah di provinsi tersebut.
“Ada 15 peserta yang berlomba di ajang kreasi tari tradisional ini. Dari Sleman, Bantul hingga tuan rumah Kulon Progo” ujar Krissutanto, Kemarin.
Selain melestarikan kesenian daerah, kegiatan itu juga diharapkan mampu menarik wisatawan untuk berlibur ke Kulonprogo, khususnya Waduk Sermo.
Setiap kelompok menunjukkan inovasi dan penampilan terbaiknya dalam membawakan tari angguk. Tidak hanya melalui gerakan tari, kreatifitas juga terlihat dari kostum yang dikenakan. 
Meski demikian, atraksi masing-masing peserta harus tetap mengacu pada beberapa dasar dan pakem seni tari angguk. Dasar penilaian meliputi kostum, penampilan, gerak kreasi dan kekompakan.
“Jadi ini memodifikasi tanpa meninggalkan gerakan tari angguk aslinya,” kata Krissutanto.
Salah satu anggota kelompok Sari Puspita asal Desa Pengasih, Kulonprogo, Pipit mengaku senang bisa ikut berpartisipasi dalam festival Atraksi Kreasi Angguk. Untuk mempersiapkannya, Dirinya bersama kelompoknya melakukan latihan ekstra selama dua hari untuk menyesuaikan gerakan.
“Kami hanya berlatih 2 hari untuk persiapan kegitan ini, kebetulan semua anggota sangar, jadi kita hanya menyesuaikan saja, dan senang sekali dapat juara harapan 1,”kata Pipit.
Perempuan berusia 31 tahun tersebut lalu mengatakan kelompoknya pernah mengikuti beberapa kali lomba senam Angguk di tinggat kabupaten ataupun antar sangar. Dan  ikut festival tingkat Provinsi adalah pengalaman pertama.(Mohammad Natsir).
Daftar Pemenang

Dalam lomba seni atraksi angguk ini yang dinilai oleh Joko Mursito, Joko Untoro dan Wardoyo didapatkan pemenang sebagai berikut:
Juara 1 Semaput dari Wates
Juara 2 Pulesari dari Sleman
Juara 3 Bima murti dari Bantul
Juara harapan 1 Puspita Pengasih
Juara harapan 2 Bugarsariro dari Kokap
Juara harapan 3 Dewi dari Sermo
Juara favorit Waria Kulon Progo (Warkop)

 

Lihat juga...