Gelombang TKI yang Hendak Cuti Lebaran Mulai Berdatangan

Pemudik [ilustrasi]
CENDANANEWS (Mataram) – Memasuki minggu ketiga pelaksanaan puasa ramadhan, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya dari Pulau Lombok yang hendak pulang cuti merayakan lebaran mulai berdatangan.
“Kebanyak TKI yang pulang mengambil cuti lebaran merupakan TKI dengan negara tujuan Malaysia dan Timur Tengah seperti Arab Saudi dan beberapa negara timur tengah lain,” kata Kepala Bidang Penempatan dan Perlindungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Zainal di Mataram, Jum’at (3/7/2015).
Dikatakannya pulang cuti merayakan lebaran bersama keluarga bagi ribuan TKI asal NTB memang sudah menjadi tradisi dan rutin setiap tahunnya dengan masa cuti bervariasI, ada yang dua bulan sampai tiga bulan.
Zainal mengatakan, puncak kepulangan TKI mengambil cuti lebaran biasanya akan meningkat satu minggu sebelum lebara, tidak heran kalau kemudian kantor Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Disnakertran NTB akan padat oleh para TKI yang mengurus cuti kerja.
“Kalau hari biasa, jumlah TKI yang mengurus keberangkatan ke negara tujuan di kantor LTSP bisanya hanya sampai 50 orang, tapi mulai minggu ketiga ini, lebih-lebih satu minggu sebelum lebaran pasti padat, dalam sehari jumlahnya bisa mencapai 200 sampai 400 orang” terangnya.
Lebih lanjut Zainal menambahkan, kepadatan kantor LTSP juga akan mengalami puncaknya usai lebaran, selain dipadati oleh ribuan TKI yang cuti dan hendak berangkat kembali ke negara tujuan, juga oleh CTKI baru yang hendak mengurus Kartu Tanda Kerja Luar Negeri (KTKLN).
——————————————————-
JUMAT, 03 Juli 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...