Gila! Jelang Idul Fitri, Harga Tiket Pesawat di Papua mencapai Rp 12 juta


CENDANANEWS (Jayapura) – Harga tiket pesawat berbagai maskapai penerbangan melambung tinggi hingga belasan juta rupiah. Melambungnya harga tiket ini rutin setiap tahunnya jelang Hari Raya Idhul Fitri.
Evy Enawati, salah satu agen penjualan tiket yang ada di Jayapura, mengaku harga tiket saat ini sangat tinggi, naiknya pun tidak tanggung-tanggung. Menurutnya, harga tiket naik mencapai empat kali lipat dari harga normal.
“Untuk dapatkan tiket pesawat yang murah, calon pembeli harus memesan tiga atau empat bulan sebelumnya,” kata Evy, Sabtu  (11/07/2015).
Pihaknya tak dapat lakukan apa-apa, lantaran harga tersebut sudah dari pusat. Menurutnya, banyak calon pembeli yang memesan tiket secara mendadak. “Tingginya harga tiket pesawat semuanya untuk seluruh maskapai penerbangan,” ujarnya
Ia menjelaskan harga normal tiket rute penerbangan Jayapura menuju Jakarta biasanya Rp 2,6 Juta. Namun, kini harganya mencapai Rp 12 Juta. “Untuk Jayapura-Makassar harga normalnya Rp 1,4 Juta , sekarang naik menjadi Rp 4 Juta. Terus, untuk Jayapura-Manado harga normalnya Rp 2,6 Juta, sekarang naik menjadi Rp 6 Juta. Sedangkan untuk Jayapura-Surabaya harga normalnya Rp 2  Juta, sekarang harganya Rp 6 Juta,” jelasnya. 
Salah satu warga Kota Jayapura, Arman saat dikonfirmasi Cendana News membenarkan kenaikan harga tiket tersebut. Ia mengaku membeli tiket Jayapura-Makassar untuk lima orang dengan harga total Rp 20 juta.
“Saya tidak kaget dengan harga tiket yang mahal, karena kebetulan saya dan beberapa rekan ke kota Makassar untuk lakukan pekerjaan. Jadi yang belikan saya dan teman-teman tiket dari kantor,” kata Arman yang bekerja di Jayapura sebagai teknisi alat berat.
Sementara, Melan, salah satu warga Kota Jayapura lainnya, terpaksa tidak dapat merayakan Idul Fitri di kampung halamannya, Surabaya. “Saya tadi sore mau beli tiket tujuan Surabaya, kaget sekali harga tiket mahal, setiap orang harganya Rp 6 juta lebih. Makanya saya tidak jadi beli, nanti saat harga sudah turun, baru saya beli untuk lihat orang tua di sana,” kata Melan.
——————————————————
Sabtu, 11 Juli 2015
Jurnalis : Indrayadi T. Hatta
Editor : Gani Khair
——————————————————
Lihat juga...