Gubernur NTB: Penundaan Pilkada tidak Pengaruhi Pelayanan Publik

Gubernur NTB, Zainul Majdi
MATARAM — Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zainul Majdi menyebutkan, pelayanan publik tidak akan terganggu meski terjadi penundaan pilkada di Mataram.
“Penundaan Pilkada Kota Mataram tidak ada kaitannya dan tidak akan mempengaruhi pelayanan publik dan pemerintahan di Kota tersebut, pemerintahan tetap berjalan sebagaimana mestinya, karena ada pelaksana tugas,” kata Gubernur menanggapi soal kemungkinan ditundanya Pilkada Kota Mataram, Rabu (29/7/2015).
Majdi menyebutkan, kalau ada yang mengatakan, dengan adanya penundaan Pilkada, masyarakat akan dirugikan, itu berasal dari golongan tertentu.
“Yang dirugikan masyarakat yang mana, apa hubungannya Pilkada dengan pelayanan publik, tidak ada, omongan seperti itu kan hanya keluar dari oknum politisi tertentu,”katanya.
Disebutkan, jikapun ada penundaan Pilkada, pelayanan rumah sakit tetap berjalan, lembaga-lembaga pendidikan tetap buka dan berlansung normal sebagaimana mestinya.
“Jangan sampai terlalu didramatisir situasi yang ada sekarang dan hal tersebut saya kira terlalu dilebih-lebihkan” kata Majdi
Merebaknya issu akan adanya gangguan pelayanan publik disebabkan adanya penundaaan Pilkada akibat mundurnya salah satu bakal pasangan calon sebelum pendaftaran. 
Hingga batas akhir pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Mataram pada selasa (28/7), yang mendaftar hanya pasangan incumbent, Ahyar-Mohan (AMAN), sementara pasangan Rosiadi dan Kasdiono (RIDHA) yang usai melakukan deklarasi pada selasa 28 juli 2015 secara tiba-tiba batal mendaftarkan diri ke KPU, tanpa alasan jelas, sehingga hanya ada calon tunggal.
Berdasarkan, PKPU No.12 tahun 2015 Pasal 89 ayat 1, apabila hanya terdapat satu pasangan yang terdaftar, maka KPU harus mengadakan sosialisasi, baik ke publik maupun ke partai politik (parpol) pada tanggal 29-31 Juli.
Jika nanti pada tanggal 1-3 Agustus tidak ada yang mendaftar, maka sesuai dengan PKPU No. 12 tahun 2015 memberikan solusi dengan pengunduran pilkada serentak.(Turmuzi)
Lihat juga...