Gunung Raung Masih Berstatus Siaga dengan Letusan Jenis Strombolian

Gunung Raung dilihat dari Kawah Ijen
CENDANANEWS (Surabaya) – Gunung Raung sejak statusnya dinaikkan menjadi Siaga (Level III) terus melakukan peningkatan aktifitas. Selain terjadi gempa tremor terus menerus juga terjadi letusan-letusan di puncak gunung.
Pengamat Gunung Api, Burhan Alethea menegaskan meskipun Gunung Raung sudah meletus sejak beberapa hari lalu tapi masih dirasa aman karena letusannya kembali ke kawah, jadi tidak keluar kaldera.
Letusannya bertipe Strombolian, salah satu jenis letusan gunung api yang disertai dengan lontaran lava pijar secara vertikal dan terjadi secara terus menerus dalam beberapa detik atau menit. Bila malam hari lontaran pijar bagaikan kembang api.
“Sampai sekarang masih meletus karena tipe strombolian,” Jelasnya kepada CND saat dikonfirmasi mengenai keadaan gunung Raung, Minggu (12/7).
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pemerintah daerah setempat masih terus bekerja sama dan melakukan pengawasan 24 jam terhadap Gunung Raung.
Gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter diatas permukaan laut ini sudah meletus tetapi masih dapat tertampung di kaldera.
“Tetap kita pantau dan ikuti yang namanya kekuatan alam,” Ujarnya.
Kerjasama yang baik dari masing-masing pihak terkait diharapkan mampu mengurangi resiko dari dampak terburuk yang mungkin saja terjadi.
“Saat ini dampak hanya abu vulkanik, jadi pemberlakuan wajib masker dan kacamata sudah dilaksanakan bagi warga yang bepergian di daerah terdampak abu vulkanik,” Tutupnya.
——————————————————-
MINGGU, 12 Juli 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti/Fika Dian Saptawati. Amanura Tour Banyuwangi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...