Harga Jagung di Kabupaten Lombok Timur Naik Rp.3000 PerKG

CENDANANEWS (Lombok) – Ditengah anjloknya sejumlah hasil pertanian palawija seperti kedelai, kacang hijau dan kacang panjang, harga jagung di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) Nusa Tenggara Barat (NTB) justru mengalami kenaikkan hingga 3 ribu rupiah dari harga sebelumnya yang hanya sampai 2 ribu rupiah.
“Harga jagung tahun ini cukup bagus sampai 3 ribu rupiah perkilo dibandingkan harga sebelumnya yang hanya sampai 2 ribu perkilo, lumayanlah petani tidak sampai terlalu merugi,” kata petani jagung asal Desa Surelaga Kabupaten Lotim, Sahdi, Sabtu (18/7/2015).
Sahdi mengatakan mahalnya harga jagung di Kabupaten Lombok Timur, selain karena tanaman jagung tahun ini tergolong tidak terlalu banyak, sementara permintaan tinggi, sehingga saat panen tiba kebanyakan para pembeli malah mendatangi petani secara langsung untuk membeli jagung, termasuk juga karena kualitas jagung yang cukup bagus.
Sementara itu, Akbar salah seorang pembeli yang biasa beroprasi dan membeli jagung petani di Kabupaten Lotim mengatakan, panen jagung sekarang memang tidak seperti panen tahun sebelumnya yang melimpah, sekarang ini hanya sedikit dari petani yang menanam jagung, sementara permintaan jagung baik untuk dijadikan jajan maupun pakan ayam atau ikan tinggi.
“Sebagian besar petani di Kabupaten Lotim sekarang banyak menanami sawahnya dengan tanaman sayuran, padahal harga sayuran sekarang juga tidak terlalu mahal, sementara sebagian lain menanami sawahnya dengan tembakau,” ungkapnya.
——————————————————-
SABTU, 18 Juli 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...