Hingga H-3, BIM Sudah Layani 387 Penerbangan Mudik

CENDANANEWS (Padang) – Hingga H-3 ini, Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sudah melayani 387 penerbangan, dengan lebih 10.000 penumpang yang telah mendarat untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. 
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno yang melakukan kunjungan pada Selasa (14/7/2015)meninjau semua loket setiap maskapai dan meninjau dua posko angkutan lebaran.
“Saat ini ?angkutan udara sudah sampai 10.000 pada hari ini. Dengan 387 penerbangan. Ini akan bertambah terus. Samapi saat ini masih dalam kondisi yang wajar saat mendekati lebaran berarti yang pulang kampung banyak, tapi keluar kampung (Sumatera Barat) dikit,” ujar Irwan pada cendananews, disela-sela sidak yang dia lakukan.
Irwan juga memantau harga tiket selama musim mudik ini ia mengunjungi semua loket maskapai penerbangan  yang ada. Dari harga tiket yang terpantau, harga tiket bekisar antara Rp700.000 hingga Rp 1.800.000-an.
“Pantauan harga tiket sudah sesuai batas atas dan bawah sesuai yang ditentukan Kemenhub. Batas bawah kelas ekonomi tidak ada yang dibawah Rp 600.000 sedangkan untuk kelas atas tak ada yang lebih dari Rp 1.800.000,” lanjut Irwan.
Harga tersebut itu sesuai dengan harga yang telah dibooking jauh-jauh hari, dan diakui Irwan bahwa harga maskapai Garuda menempati harga tertinggi.
“Garuda memang lebih mahal dari Sriwijaya, tapi sesuai dengan ketentuan yang ada. Setelah lebaran mudah-mudahan harga tetap sama dan tidak ada kenaikan,” pungkas Irwan.
Selain itu, dalam sidak itu Irwan meninjau kesiapan perangkat yang ada di pos pengamanan tersebut. Selain petugas keamanan, pos tersebut juga dilengkapi dengan petugas medis. Rombongan yang memantau arus mudik ini, juga membawa berbagai paket yang diserahkan langsung kepada para petugas di pos pengamanan.
Setidaknya ada empat titik yang dipantau oleh pemerintah provinsi (Pemprov) Sumbar. Mulai dari Pos pengamanan dan pemantau yang ada di Jembatan Duku, lalu pos pengamanan yang ada di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Pos pengamanan dan Pantauan di jalur bypass dan terakhir pos pengamanan yang ada di daerah Danau Cimpago yang diperuntukkan bagi pengamanan daerah tepi pantai padang dan Muaro Lasak.
Dalam kunjungannya Irwan berdiskusi dengan para petugas yang ada di posko, membahas tentang arus mudik, jumlah kecelakaan, pengaduan masyarakat dan lain sebagainya. Usai berdiskusi, secara bergantian disetiap poskonya rombongan memberikan paket lebaran untuk para petugas.

——————————————————-
SELASA, 14 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim abdul rahmad?
Fotografer : Muslim abdul rahmad?
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...