Jadikan Moment Idul Fitri untuk Tingkatkan Rasa Syukur

CENDANANEWS (Kulon Progo) – Dihadapan ribuan umat Islam yang melaksanakan shalat Ied di Alun-alun Kota Wates, Khatib yang meberikan khutbah mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT.
“Idul Fitri semua orang bergembira, berpesta karena Allah telah menentukan Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari raya. Kegembiraan di hari raya menjadi ungkapan perwujudan syukur kepada Allah atas karunia rahmat,”kata M Afnan Hadikusumo, kemarin.
Afnan yang juga merupakan Anggota DPD RI-MPR RI asal DIY menyebutkan, Allah akan menambah karunianya kepada orang yang bersyukur dan siapa yang mengingkari rahmahnya Allah akan menjanjikan adzab yang pedih. Allah yang paling Agung. Barang siapa mengangungkan selain Allah maka ia telah berbuat melampui batas dan berbuat kesyirikan yang nyata. 
Berbahagialah kita yang dimudahkan allah sujud dan ruku. Jangan karena perilaku yang menentang allah. Jangan karena kesombongan dan kebodohan menjadi penyebab terhalangnya jalan ke surga dan mendekati Allah. Maka bersyukur atas karunianya,  karunia iman dan islam.
Ada dua sikap yang ditunjukkan ketika menghadapi nikmat dan cobaan. Yaitu sikap bersyukur dan kedua sikap kufur. ?Sesungguhnya jika kami bersyukur pasti kami akan menambah nikmat kepadamu dan jika kami mengingkari nikmatmu maka sesuangguhnya azabku sangat pedih (QS Ibrahim 7).
Allah juga memberikan ternak dan panen yang kita makan. Bersyuikurkan kepada allah atas rejeki kepada allah sebagai dzat yang member rezeki. Allah memberikan kepada kta anak-anak yang sangat kita dambakan, allah yang memberikan keturunan ataukah kita justru lali mengingat allah karena anak-anal kita. Allah memberikan kita perniagaan dan perdagangan yang laris. Bersukurlah kepada Allah, atau justru sibuk mengurusi perniagaan.
Ingat kisah anak Nabi Musa yang bernama Qorun. Dia awalnya anak shaleh dengan suara merdu tatkala membaca kita taurat. Karena kesalahenanya itu Allah memberikan karunia perdagangan yang  yang sangat berlimpah. Tapi akhirnya Qarun tidak mau bersukur dan lupa kepada Allah. Dikira harta yang dimiliki diperoleh dari bersusah payah dan ilmunya.
Sebelumnya, malam takbir begitu meriah di wates Kulon Progo. Acara di isi dengan lomba Takbir keliling yang di pusat kan di Alun Alun kota Wates. Tak ketinggalan pesta kembang api mewarnai malam 1 Syawal 1436H. Terlebih saat hasil Sidang Isbat menetapkan 17/7/15 resmi lebaran pertama melalui Kementrian Agama.
Pagi harinya, ribuan umat Islam di sekitar Kota Wates melaksanakan Shalat Idul Fitri 1436 H di Alun-alun Wates. Bertindak sebagai Imam Syirwan Rasyid.

——————————————————-
SABTU, 18 Juli 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...