Jaksa kembali Periksa Saksi Dugaan Korupsi DKP Maluku

Kejaksaan Tinggi Maluku [Foto: Samad Vanath S]
AMBON — Kejaksaan Tinggi Maluku kembali memeriksa saksi terkait tindak pidana dugaan korupsi pengadaan kapal ikan di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemprov tahun 2013.
Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan (Kasi Penjumlahan dan Humas), Bobby Kin Palapia SH menyebutkan, saksi yang diperiksa adalah Mohamad Safar Latuconsina selaku Kepala Bagian Perencanaan DKP Maluku.
Bobby Kin Palapia
Dia diperiksa pukul 09.00 WIT – pukul 13.30 WIT (pukul 11.00 – 15.30 WIB), oleh jaksa penyidik Kejati Maluku Ikram Ohiulun. 
“Pemeriksaan dilakukan untuk melengkapi berkas lima tersangka dalam kasus ini, sekaligus terperiksa menandatangani berita acara pemeriksaannya,”kata Bobby diruang kerjanya, Rabu (29/7/2015). 
Kelima tersangka saat ini telah ditahan di Rutan Kelas II Ambon, diantaranya , mantan Kadis Kelautan dan Perikanan (KP), Direktur PT. Sarana Usaha Bahari, Direktur PT. Faibrit Fiberglass,dan Direktur PT. Satum Manunggal Abadi.
Sebelumnya tim penyidik telah memeriksa fisik enam kapal berbobot 30 GT dan 15 GT di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Buru, Seram Bagian Barat (SBB) dan Seram Bagian Timur (SBT dilakukan pada 2 Juli 2015.
Selain itu juga diperiksa kelompok nelayan penerima bantuan kapal tersebut dengan melibatkan tenaga ahli Fakultas Teknik Universitas Pattimura Ambon.
Kerugian sementara pada anggaran proyek tahun 2013 yang diketahui tim penyidik Kejati Maluku sebesar Rp1 miliar lebih. (Samad Vanath Sallatalohy)
Lihat juga...