Jathilan Hiasi Libur Lebaran di Waduk Sermo

Fotografi
Jathilan Hiasi Libur Lebaran di Waduk Sermo
Karya : Mohammad Natsir
Lokasi : Kulon Progo, 26 Juli 2015
CENDANANEWS (Kulon Progo) – Menghiasi libur lebaran, Pemerintah menggelar Jathilan di Waduk Sermo. Setiap kelompok kesenian yang ada di daerah tersebut mendapat giliran untuk tampil setiap harinya menghibur masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata tersebut. Kegiatan tersebut digelar  dari 19 sampai – 26 juli 2015.
Jathilan merupakan sebuah tarian drama yang menceritakan tentang pertempuran dua kelompok prajurit berkuda dan bersenjatakan pedang. Tarian ini biasanya mengangkat cerita-cerita babad tanah Jawa seperti, cerita Panji , Ario Penangsang dan cerita lain era kerajaan Majapahit. 
Dalam penampilanya sang penari menggunakan sebuah kuda tiruan yang  biasanya terbuat dari anyaman bambu dan disebut Kuda Kepang. Laksana seorang kesatria yang gagah berani, para penari beraksi sambil menunggangi kuda tiruan tersebut dengan diiringi gamelan jawa.
Untuk lebih menghidupkan suasana ditampilkan juga beberapa tokoh lain yang diperankan oleh penari-penari bertopeng. Tokoh-tokoh bertopeng ini merupakan gambaran tokoh pengganggu seperti Buto, Rasekso (raksasa), Genderuwo, Barongan, dan tokoh penghibur/ pamomong yaitu Penthul dan Tembem.
Tarian Jathilan

Musik yang mengiringi tarian

Penonton

Sesajen
Lihat juga...