Jelang Hari Raya Galungan Pedagang Pasar Wangaye Panen Omset

CENDANANEWS (Denpasar) – Hari raya Galungan dan Kuningan yang jatuh tidak jauh dari Hari Raya Idul Fitri membawa berkah bagi para pedagang canang di pazar canang Wangaye. Omset mereka bertambah dibandingkan hari-hari biasa sebelumnya. 
Hal ini dibenarkan oleh seorang pedagang canang atau banten asal karangasem di pasar canang wangaye Denpasar, Murtini. Ia mengatakan omset dagangannya meningkat limapuluh persen dari hari-hari biasanya.
“Jika sudah dekat hari raya bisa meningkat lagi menjadi seratus persen lonjakan omset warung saya,” ujar Murtini sambil tersenyum kepada CND di Denpasar, Rabu (1/7/2015).
Banten atau seserahan atau canang biasanya berupa bunga-bunga harum berwarna-warni seperti bunga pacar, jepun, dan lain-lainnya. Ada juga telur ayam, telur bebek, serta janur yang memang selalu tersedia di pasar canang Wangaye Denpasar.
Pisang, Tebu, air suci, dan kelapa kuning juga menjadi barang dagangan untuk keperluan upacara suci. Para pedagang di Pasar canang Wangaye melengkapi semua barang dagangannya menjelang hari raya Galungan dan Kuningan.
“Yang penting harus lengkap barang dagangannya agar tidak ada konsumen yang lolos dari warung saya. Moment seperti ini hanya dua kali dalam setahun,” kata Made Suli, pedagang canang asal Denpasar.
Untuk para pedagang kembang, mereka juga mengalami banyak peningkatan omset penjualan, dan senyum gembira nampak di raut wajah mereka semua. Kami turut senang rasanya melihat para pedagang bisa mendapatkan kebahagiaan walau hanya dua kali dalam setahun.
“Dagangan kembang pacar merah saya dari empat karung sekarang sisa setengah karung,” ujar Luh Sumini sumringah kepada CND.
Dalma mempersiapkan hari raya Galungan umat Hindu di Bali mulai disibukkan dengan berbagai upacara Suci setiap hari dan setiap minggu.

——————————————————-
RABU, 01 Juli 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...