Jelang Pemilukada, Panwas SBT Belum Terima DP4 dari KPUD

DPT Pilpres 2014
CENDANANEWS (Ambon) – Jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku pada 9 Desember 2015, Panitia Pengawasan (Panwas) belum menerima Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).
Saleh Tianotak
Pimpinan Divisi Pengawasan Panwas Kabupaten SBT, Saleh Tianotak menyebutkan, pihaknya secara kelembagaan sudah meminta DP4 dari KPU SBT sebagai penyelenggara teknis. Namun hingga sekarang KPU SBT tidak memberikan DP4 tanpa didasari alasan yang jelas. Padahal, panwas sudah dua kali menyurati KPU SBT sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
“Yang dikhawatirkan ada hal-hal yang tidak diinginkan pada penetapan DPT terkait pemilukada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015,” ujarnya saat diwawancarai Cendana News di Ambon Kamis (23/7/2015) malam.
Kekhawatiran tersebut beralasan, dibeberapa kecamatan di kabupaten SBT terjadi peningkatan jumlah pemilih yang tidak rasional.
Disebutkan, di kecamatan Bula Barat jumlah pemilih sesuai dengan DPT pada Pilpres 2014 lalu, yang merupakan rujukan untuk menetapkan DPT yaitu 4000 lebih. Sekarang meningkat menjadi 5000 pemilih lebih.
Masalahnya, di kecamatan Bula Barat mulai 2014 hingga 2015 tidak pernah ada transmigrasi atau penambahan penduduk di kecamatan tersebut.
“Selain di Bula Barat di kecamatan lain di Kabupaten SBT juga terjadi pembengkakan jumlah pemilih,” kata Saleh.
Selain mengawasi tahapan pemutakhiran data (DP4) Panwas SBT juga sedang mengawasi proses pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati kabupaten SBT di KPU mulai 26 Juli – 28 Juli 2015 sesuai dengan peraturan KPU Nomor 2 tahun 2015 tentang jadwal dan tahapan pencalonan.
Harapannya, KPU SBT melakukan validasi data dengan benar atau sesuai dengan realita di lapangan.
——————————————————-
JUMAT, 24 Juli 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...