Jelang Pilkada, Kapolda Himbau Waspadai Isu SARA

CENDANANEWS (Yogyakarta) – Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta, Brigjen Pol Erwin Triwanto menghimbau umat beragama tetap menjaga toleransi dan tidak mudah terprovokasi dengan isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan), terlebih mendekati pilkada. 
“SARA adalah isu yang paling seksi untuk dilontarkan. Jangan sampai masyarakat terpancing isu yang sengaja disebarkan untuk mengganggu pelaksanaan Pilkada,” kata Erwin saat forum silaturahmi di Mapolda DIY, Sabtu (25/7/15).
Dia berharap masyarakat yang mendapatkan informasi, baik dalam bentuk apapun seperti SMS atau tindakan provokasi lainnya harus berani melaporkan kepada polisi.
“Saya minta laporkan tindakan provokasi. Jangan main hakim sendiri. Saya jamin keamanan dan sembunyikan identitas pelapor,” tegas Kapolda.
Isu SARA sangat rentan terjadi didaerah yang memiliki keragaman suku, seperti halnya di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hampir seluruh suku dan agama ada di wilayah ini. Selama ini kehidupan secara sosial maupun kultur berjalan baik berdampingan. Banyak ‘Kepentingan’ bila di wilayah ini terjadi sebuah persoalan yang berbau SARA. 
“Kami sebagai koordinator Kamtibnas ingin mengajak seluruh umat lintas agama Yogyakarta menciptakan dan mempertahankan suasana yang sudah Kondusif, untuk semakin kondusif ke depannya. Salah satunya dengan cara meningkatkan toleransi antar umat beragama,” ujar Kapolda .
Di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Mizar Ali menambahkan, multikulturalisme dan toleransi antar umat beragama harus diutamakan. Dia menilai, dua poin ini harus dimasukkan ke dalam kurikulum dunia pendidikan.
——————————————————-
SABTU, 25 Juli 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Foto             : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...