Kadis PU Manggarai akan Tindaklanjuti Kerusakan Jembatan Wae Tibong

CENDANANEWS (Flores) – Menindaklanjuti informasi yang menyebutkan jembatan Wae Tibong Kecamatan Satarmese yang belum setahun dibangun sudah rusak, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, akan memanggil kontraktor yang menjalankan pekerjaan fisik Jembatan.
Ketut Suastika
“Kontraktornya akan kita panggil,” tegas Kepala Dinas (Kadis) PU Kabupaten Manggarai, Ketut Suastika, di ruang kerjanya saat dimintai konfirmasi oleh CND, Kemarin (24/07/2015).
Ketut menyatakan, sebelumnya Seorang pegawai lapangan pada Dinas tersebut mengakui, kerusakan terjadi pada oprit (sayap luar) bagian kanan. 
“Saya sebenarnya sudah dua kali meminta kontraktor untuk memperhatikan kembali hal tersebut,” katanya.
Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, oprit bagian kanan jembatan di jalur Cumbi-Golocala itu sebagian besarnya tampak sudah ambruk. Diduga, hal ini terjadi karena fondasi kurang dalam dan tampak langsung diletakkan di atas tanah tampung. 
“Memang lebih tepatnya fondasinya harus dibangun mulai dari bawah,” jelas Ketut melalui salah seorang staf lapangan Dinas PU.
Selanjutnya, pada daerah aliran sungai jembatan tersebut tampak hanya disediakan tembok penahan dan tidak diisi dengan material urukan. Namun, spesifikasinya ternyata sudah demikian. 
“Kita sengaja bikin hanya tembok penahan. Maksudnya untuk menampung material yang nanti dibawa oleh air,” jelas seorang staf lapangan.
Ketut mengakui, hasil pengerjaan yang sudah ada sekarang sudah berdasarkan kemampuan anggaran. 
“Kalau mau yang sempurna, kita harus cari duit lagi. Karena kalau berdasarkan kontraknya, pekerjaan sudah selesai,” katanya.
——————————————————-
SABTU, 25 Juli 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto             : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...