Koalisi Majapahit akan Munculkan Tiga Nama Balon Pemilukada

SURABAYA — Menyusul bakal calon (balon) tunggal yang mendanftar saat pendaftaran sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya lakukan sosialisasi kepada publik, media massa dan pimpinan partai politik (parpol) tentang perpanjangan pendaftaran pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) 2015.
Sosialisasi ini dilaksanakan mulai tanggal 29-31 Juli 2015. Partai politik yang hadir saat sosialisasi digelar yakni Nasdem, PPP, PDIP, Golkar, Gerindra, PKB dan Demokrat.
Ketua KPU Kota Surabaya, Robian Arifin menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan agar pimpinan partai politik dapat bersiap-siap mengusulkan nama bakal calon yang akan diusung.
“Sejauh ini masih pasangan Risma-Wisnu dari PDIP yang daftar,” jelasnya saat ditemui CND, Kamis (30/7).
Dalam sosialisasi juga dibahas mengenai mekanisme pendaftaran calon. Calon yang diusung harus berasal dari parpol bukan independen.
“Menurut aturan yang berlaku kami tidak bisa menerima calon independen,” tegasnya.
Pendaftaran calon independen dibuka pada tanggal 1-15 Juni lalu. Jika sekarang dibuka pendaftaran independen lagi, maka membutuhkan waktu satu bulan untuk pemilu ini.
Ketua Pokja Koalisi Majapahit, A.H. Tony menyampaikan, koalisinya siap memunculkan nama calon. Tidak hanya satu pasangan calon tetapi tiga pasangan calon.
“Kami akan memberikan nama calon pasangan yang diusung,” tegasnya.
Untuk calon yang bakal diajukan nanti ia memastikan bukan calon boneka dari parpol. Tetapi memang benar-benar calon yang berkualitas.
Ia berdalih keterlambatan mendaftarkan nama calon akibat koalisi merupakan dari kelompok parpol sehingga memerlukan waktu lebih untuk mengusulkan nama calon yang disepakati bersama.

JUMAT, 31 Juli 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...