KPU Balikpapan Alokasikan 190 Juta untuk Tes Kesehatan

CENDANANEWS (Balikpapan) – Tes kesehatan yang akan dilaksanakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Balikpapan melalui memorandum of understanding (MoU) terhadap calon Walikota dan Wakil Walikota diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp.190 juta.
Ketua KPUD kota Balikpapan, Noor Thoha menyebutkan, perkiraan anggaran tersebut mengacu pada pengalaman pada pilkada sebelumnya, meski dari pihak IDI sendiri belum rilis berapa anggaran totalnya.
“Perkiraan biaya pemeriksaan kesehatan berdasarkan pengalaman kemarin itu sekitar Rp190 juta. Untuk keseluruhan calon kemarin 2011 itu ada empat pasangan. Sekitar itu ancang-ancangannya,”tutur Thoha, Selasa (21/7/2015).
Saat ini pihaknya tengah menunggu besaran anggaran pemeriksaan kesehatan bagi calon walikota-wakil walikota setelah sebelumnya dilakukan MoU.
Ia menjelaskan semua calon yang lolos ditetapkan sebagai calon oleh KPUD harus memenuhi syarat sehat. Semua calon harus memiliki sehat jasmani dan rohani. Rencananya pelaksaan pemeriksaan kesehatan mulai 26 Juli sampai 1 Agustus nanti. 
Adapun pelaksanaan pemeriksaan akan dilakukan di RS Kanujoso. “Insyaallah di Balikpapan ini sangat lengkap untuk pemeriksaan kesehatan. Jadi kita tidak perlu datang tenaga medis dari luar,”imbuhnya. 
Seperti diketahui pada Rabu lalu, KPUD Balikpapan bersama IDI Balikpapan telah mengadakanmemorandum of understanding (MoU). Pemeriksaan kesehatan bagi para pasangan calon wali kota dan wakil wali kota (wawali) harus dijalani karena bagian dari tahapan pilkada. 
——————————————————-
SELASA, 21 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...