KPU Papua Pastikan tidak Ada Perpanjangan Waktu Pendaftaran

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua [Foto: Indrayadi TH]
JAYAPURA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua pastikan tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran bakal calon dalan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak yang digelar di sebelas kabupaten di daerah tersebut.
“Saat ini tidak ada calon tunggal pada 11 Kabupaten di Papua, sehingga perpanjangan pendaftaran bakal calon tidak ada,” kata Komisioner KPU Papua, Beatrix Wanane di Kota Jayapura, Kamis (30/07/2015).
Disebutkan, pendaftaran yang dibuka pada 26 sampai 28 Juli kemarin, ditujukan untuk bakal calon yang akan ikut Pilkada serentak di 11 Kabupaten provinsi Papua, antara lain Nabire, Keerom, Waropen , Yalimo, Asmat, Boven Digoel, Merauke, Pegunungan Bintang, Mamberamo Raya, Supiori, Kabupaten Yahukimo.
Sementara itu, pihak KPU Papua telah mendapat laporan bahwa pendaftaran di sebelas kabupaten berlangsung aman dan tertib. 
“Kami mendapat laporan sementara semua kegiatan pendaftaran berlangsung aman,” ujarnya.
Hal senada juga disampiakan Koordinator Wilayah Pegunungan Bintang KPU Provinsi Papua, Izak Hikoyabi. Disebutkan, empat bakal calon bupati dan wakil bupati telah resmi mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Bintang sejak pendaftaran dibuka tanggal 26 sampai 28 Juli 2015.
“Bila tak ada halangan mereka akan melakukan tes medis di RSUD Jayapura dan komunikasi sudah dibangun dengan pihak rumah sakit hari ini,” kata Izak Hikoyabi.
Disebutkan, situasi terakhir Kabupaten Pegunungan Bintang pasca pendaftaran 4 bakal calon berada dalam keadaan yang aman dan terkendali, tidak ada gangguan keamanan sama sekali.
“Masyarakat lebih mengedepankan Pilkada damai dan situasi secara keseluruhan di Pegunungan Bintang sudah dilakukan koordinasi dengan pihak kepolisian. Sekali lagi situasi terkendali, aman, tentram, damai dan dalam suasana kondusif,” ujarnya.(Indrayadi T Hatta)
Lihat juga...