Lawang Park, Destinasi Alternatif Menikmati Keindahan Maninjau

perkampungan di tepian maninjau yang terlihat dari lawang park
CENDANANEWS (Agam/Sumbar) – Kabupaten Agam memiliki kekayaan alam yang berlimpah, mulai dari laut, sungai, gunung dan lainnya mereka punya. Daerah lainnya patut iri akan kekayaan yang dimiliki oleh Agam. Salah satu yang mungkin amat terkenal adalah kawasan wisata Lawang Park.
Berada di tempat ini, dipastikan akan membuat betah melihat pemandangan hijaunya perbukitan dan indahnya Danau Maninjau dari kejauhan. Udaranya pun cenderung dingin menyegarkan membuat tempat ini merupakan salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi jika datang ke Agam.
Karena Lawang Park merupakan sebuah lokasi yang sudah amat terkenal, tentunya objek wisata ini menawarkan berbagai fasilitas yang memanjakan bagi pengunjung, antara lain: Fying Fox, Tandem Paralayang, Camping area, View Danau Maninjau, toilet, parking area yang amat representative.
Kawasan ini dikelola oleh masyarakat sekitar pada tahun 2009, dan pada 2010 dilakukanlah soft launching sehingga sudah bisa beroperasi dalam melayani wisatawan yang berkunjung.
Dalam perkembangannya, kawasan wisata Lawang Park mengambil konsep wisata Madani yang amat cocok bagi keluarga, dan Lawang Park juga menawarkan paket Outbond training seperti arung jeram dan terutama Paralayang.
Menurut masyarakat sekitar,Edi(45), lokasi Lawang Park dan Puncak Lawang merupakan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara dalam hal olahraga Paralayang. Lokasi Paralayang ini memiliki ketinggian 1256 meter diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata 14 derajat.
“Di lokasi ini, dapat dilakukan penerbangan selama 6 jam. Tempat lain, jarang yang bisa melakukan olahraga Paralayang selama ini. Hal ini dikarenakan angin di sini amatlah stabil,” lanjut Edi kepada cendananews, Rabu (8/7/2015) sore.
  
Jika tertarik ke sini, Lawang Park dapat ditempuh dari Bukittinggi sejauh 30 menit dengan aspal mulus ke arah Maninjau. Ketika Anda hendak memasuki kelok 44, beloklah kanan. Dari sana dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk memasuki kawasan cantik ini.
Soal akomodasi janganlah risau, di Lawang Park terdapat sebuah penginapan yang bisa dimanfaatkan oleh anggota keluarga. Di sini juga ada restoran yang menjual berbagai macam makanan khas daerah yang terletak di Nagari Matur Mudik, Kecamatan Matur.

——————————————————-
RABU, 08 Juli 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...