Layanan Mobil Pintar Bantu Masyarakat yang Gemar Membaca

CENDANANEWS (Malang) – Sambil menikmati keindahan taman Trunojoya, bersantai sejenak di bawah kerindangan pohon terasa lebih asik saat ditemani dengan buku bacaan. Kebetulan ditempat tersebut ada sebuah mobil pustaka keliling yang menyediakan berbagai koleksi buku dari Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang.
Sambil memilih buku, Santoso Margono selaku Pustaka pelaksana yang membantu kegiatan perpustakaan keliling menyebutkan kepada CND, layanan ini ditujukan untuk membantu masyarakat yang gemar membaca dan ingin mendapatkan informasi dari buku tanpa harus ke perpustakaan.
Disebutkan, perpustakaan keliling tidak hanya di taman, tetapi juga mejangkau sekolah mulai dari PAUD hingga SMA yang ada di wilayah kota Malang. Terdapat 111 titik yang rutin dikunjungi oleh dua armada mobil pintar dan satu armada motor pintar roda tiga.
Dimana masing-masing armada tersebut di bekali berbagai jenis buku yang sifatnya umum mulai dari buku pendidikan, ketrampilan, komputer, novel dan sebagainya dengan koleksi buku 3000 eksemplar. 
“Buku-buku ini juga setiap tiga tahun sekali akan di tarik dan diganti dengan buku yang terbaru,” jelasnya di Malang, Rabu (22/7/2015).
Disebutkan, untuk motor pintar lebih di khususkan buku untuk anak PAUD dan buku keterampilan, karena lingkupnya memang berada diarea sekolah PAUD.
“Sembari menunggu anak-anaknya yang bersekolah di PAUD, kita sodori para orang tua ini dengan buku keterampilan,” tambahnya.
Disebutkan selain di sekolah-sekolah, perpustakaan keliling dan mobil pintar juga melayani pondok pesantren, panti asuhan, lembaga pemasyarakatan dan pada hari Sabtu Minggu di buka layanan mobil pintar di area taman Trunojoya dan taman Merbabu. 
“Biasanya pada saat menjelang lebaran seperti sekarang, kami bekerjasama dengan kepolisian dalam Operasi Ketupat memberikan layanan perpustakaan di area tempat istirahat para pengendara kendaraan,” tuturnya.
Menurut Santoso, masyarakat Malang sangat antusias dengan hadirnya layanan mobil pintar dan perpustakaan keliling. Karena dengan layanan ini, masyarakat tidak perlu datang jauh-jauh untuk mendapatkan bacaan, kami yang akan mendatangi masyarakat, jelasnya.
Untuk layanan mobil pintar sendiri, selain buku juga terdapat fasilitas sound sistem dan televisi untuk media pemutaran film khusus anak-anak. Disini kami juga berharap peran aktif dari para orang untuk mendampingi anak-anak mereka.
Pustaka keliling ini merupakan program dari Pemkot Malang melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Perpustakaan, dengan memberikan layanan mobil pintar dan perpustakaan keliling. 
Layanan perpustakaan keliling sendiri sudah berjalan sejak tahun 2008, namun untuk layanan di area terbuka dengan Mobil Pintar ini baru berjalan sejak tahun 2013.
Untuk kedepannya Insyaallah kami akan mengajukan proposal kepada Perpustakaan Nasional untuk pengadaan layanan armada E-teling. Armada ini nantinya selain memberikan layanan perpustakaan dan multimedia, juga akan meberikan layan laptop yang bisa digunakan untuk mengakses internet, pungkasnya.

——————————————————-
RABU, 22 Juli 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Fotografer : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...