Libur Lebaran Penjualan Kain Tenun Desa Sade Laris

Seorang wisatawan saat berbelanja di Dusun Sade, Kabupaten Lombok Tengah
CENDANANEWS (Lombok) – Selain objek wisata pantai, Libur panjang perayaan lebaran di Lombok juga terjadi peningkatan kunjungan dan penjualan kain tenun Dusun wisata Sade, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) NTB.
Salwa, penjual kain tenun Dusun Sade mengaku selama lebaran ini kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung ke Sade cukup besar untuk berlibur melihat secara lansung bangunan perumahan adat suku Sasak Lombok sambil berbelanja oleh khas lombok, termasuk kain tenun.
“Penjualan kain tenun selama libur lebaran ini lumayan dibandingkan dengan hari libur biasa, karena banyak warga yang datang berkunjung dan membeli kain tenun sebagai oleh-oleh,” kata Salwa di Lombok Tengah, Selasa (21/7/2015).
Murni penjual kain tenun lain mengatakan dalam sehari sejak sehari setelah perayaan lebaran, kain tenun yang tersedia bisa laku 30 sampai 50 kain, dengan harga rata-rata satu kain 70 sampai 100 ribu.
Dikatakannya, kalau hari biasa selain tingkat kunjungan sedikit jumlah kain yang terjual juga tidak seberapa paling bisa hanya mencapai belasan kain, makanya momen libur panjang lebaran paling kita tunggu untuk berjualan kain tenun kepada para wisatawan sebagai oleh-oleh.
“Selain kain tenun, oleh-oleh yang paling banyak dibeli wisatawan adalah kaos khas lombok,” ungkapnya.
——————————————————-
SELASA, 21 Juli 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...