Lonjakan Pemudik, Operator Tambah Frekuensi Penyeberangan

KMP Bukit Siguntang tujuan Pare-pare
CENDANANEWS (Balikpapan) – Lonjakan arus mudik pada H-3 lebaran mulai terlihat. Hal ini terlihat dari jumlah penumpang yang naik KM Siguntang dengan tujuan Pare-Pare melalui pelabuhan Semayang Balikpapan.
Meski terjadi lonjakan arus penumpang mudik di Pelabuhan Semayang namun dipastikan tertib. 
“Dan yang utama seluruh penumpang tetap terangkut,” kata Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Bobby Mamahit saat meninjau arus mudik malam tadi.
Armada milik Pelni yakni KM Bukit Siguntang tiba dari Tarakan sekira pukul 21.30 Wita. Kemudian bertolak menuju Makassar-Pare Pare dengan membawa 2.800 penumpang.
Ya, tahun ini Kemenhub melarang keras operator kapal laut menjual tiket melebihi kapasitas angkut. Penumpang tidak terangkut pun berpotensi bermunculan. Beruntung lanjut Bobby, seluruh operator telah sigap dengan melakukan penambahan frekuensi dan armada. 
“Ya sebagai bentuk antisipasi mereka inisiatif melakukan penambahan. Ada juga yang melakukan perubahan rute misal kapal yang sebelumnya melayani rute reguler diperbantukan ke daerah lain yang lebih padat,” ucapnya didampingi Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semayang Sugeng Wibowo.
Adapun kenaikan penumpang kapal laut tahun ini di seluruh Indonesia mencapai 3 persen dari volume mudik tahun lalu. Seluruhnya masih didominasi Pulau Jawa sebagai tujuan utama mudik.
Dengan lonjakan penumpang ini Pelindo selaku pengelola pelabuhan semayang mendirikan dua tenda besar untuk menambah terminal penumpang. Selain itu, mobil toilet juga diberdayakan oleh pelindo.
——————————————————-
SELASA, 14 Juli 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Fotografer : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...