LSM Orangufriends Surabaya Gelar Aksi Damai Save Orang Utan

CENDANANEWS (Surabaya) – Orang utan yang merupakan satwa asli endemik Indonesia kini mulai mendapatkan perhatian dari LSM Orangufriends. Berangkat dari banyaknya kegiatan di Konservasi Ex Situ yang mengeksploitasi orang utan sebagai objek foto dan sirkus menjadi dasar dari aksi damai LSM Orangufriends Surabaya di Taman Air Mancur Jalan Pemuda Surabaya Selasa (7/7/2015).
Aksi damai ini digelar serentak di seluruh Indonesia, yakni Jakarta, Denpasar, Banda Aceh, Bandung, Yogya, Solo, Surabaya, Malang dan Samarinda dari pukul 10.00-11.00 WIB.
Mawar Purba
Mawar Purba, Koordinator Kampanye Orangufriends Surabaya mengungkapkan kegerahannya atas eksploitasi orang utan.
“Setiap gerakan yang ditampilkan orang utan dalam panggung hiburan sirkus dan foto bersama orang utan bukan merupakan gerakan alaminya. Orang utan akan mengalami pelatihan panjang untuk setiap gerakan ini dan ini jelas bahwa bukan gerakan alami layaknya alam liar,” jelasnya di tengah-tengah aksi.
Selain melakukan kampanye LSM ini juga melakukan school visit untuk mengedukasi para siswa, selain itu sosialisasi di taman safari maupun konservasi ex situ.
Menurutnya seharusnya konservasi ex situ tidak mengeksploitasi orang utan sebagai objek foto maupun sirkus. Sebagai gantinya bisa menggunakan patung atau badut Orangutan. Hal ini pun diatur dalam UU Pasal 40 No. 5 Tahun 1990 tentang eksploitasi orangutan dengan ancaman hukuman lima tahun.
Sebaiknya Orangutan dilepas di habitat aslinya bukan dididik seperti manusia untuk berfoto terlebih lagi sirkus.
“Orangutan boleh dikonservasi demi pendidikan tetapi jangan dipergunakan sebagai objek foto maupun binatang sirkus.” Tegasnya.
——————————————————-
SELASA, 07 Juli 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...